Sabtu, 10 November 2018 11:12

Hari Pahlawan, Wali Kota Cimahi Ungkit Semangat Juang Para Pahlawan

Reporter : Fery Bangkit 
 Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November, di Lap. Apel Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Sabtu (10/11/2018).
Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November, di Lap. Apel Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Sabtu (10/11/2018). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Dalam moment Peringatan Hari Pahlawan, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengingatkan akan semangat pantang menyerah, keberanian dan pengorbanan yang dilakukan para pahlawan.

"Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya. saudara sebangsa," ujar Ajay usai memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November, di Lap. Apel Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Sabtu (10/11/2018).

Baca Juga : Abubakar Ajak Generasi Muda Meneladani & Menghargai Pahlawan

Menurut Ajay, Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun memiliki makna mendalam. Bukan hanya sebagai prosesi, namun subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara,” ungkap Ajay

Baca Juga : Dandim 0609 Serahkan Tumpeng Kepada Veteran

Ajay berharap, Peringatan Hari Pahlawan ini menjadi momentum bagi bangsa indonesia untuk melakukan introspeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nirai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai negara kesatuan republik indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Selain itu, momen perjuangan itu harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan, mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan.

"Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat lndonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia," pungkas Ajay.

Baca Lainnya