Kamis, 27 Februari 2020 18:23

Harga Telur Ayam di Cimahi Naik, Apakah Dagingnya juga Ikutan Naik?

Atang (43), salah seorang pedagang telur ayam Pasar Cimindi.
Atang (43), salah seorang pedagang telur ayam Pasar Cimindi. [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Harga telur ayam di sejumlah pasar tradisional Kota Cimahil mulai berangkak naik dalam beberapa terakhir ini. Berdasarkan pantauan pada Kamis (27/2/2020), harga jenis telor tersebut sudah mencapai Rp 27 ribu per kilogram.

kenaikan harga telur ayam tersebut malah dikeluhkan para pedagang. Sebab, kenaikan harga telur ayam tersebut sama sekali tidak diikuti dengan naiknya omset jualan mereka. Pembeli cenderung stabil, sama seperti biasanya.

"Dari bandarnya udah naik. Saya jual awal itu Rp 23 ribu/kilogram, hari ini udah Rp 27 ribu per kilogram," terang Atang (43), salah seorang pedagang telur ayam Pasar Cimindi.

Dikatakannya, kenaikan harga telur ayam sudah berlangsung selama satu pekan terakhir ini. Berkaca dari tahun sebelumnya, kata dia, biasanya telur ayam akan terus mengalami kenaikan dalam beberapa hari ke depan.

"Tapi mudah-mudahan sih sekarang mah ngga naik lagi. Kalau bisa mah turun lagi,” katanya 

Atang mengakui dirinya sama sekali tidak mengetahui pasti penyebab naiknya harga telur ayam. Jika melihat pasokan, kata dia, sejauh ini masih terbilang stabil.

"Saya tidak tahu pasti penyebab kenaikannya. Kalau pasokan sih banyak. Pembeli juga cenderung tetap ya," ujar Atang.


Hal senada diungkapan Ujang (50), pedagang telur ayam lainnya. Ia mengaku tidak tahu pasti penyebab kenaikan harga telur ayam. Ia berharap harga telur ayam segera turun lagi, agar pembeli tidak semakin merosot.

"Ya memang sudah beberapa hari ini   harganya naik. Kami berharapnya sih bisa turun lagi, sebab kalau naik lagi dan kenaikkannya  terlalu tinggi  biasanya konsumen malas berbelanja,” beber Wendi.

Menurutnya, sejauh ini pasokan telur ayam relatif lancar. "Biasanya kan kalau harga naik karena pasokan kurang atau permintaan yang meningkat. Sekarang kalau pasokan sih lancar-lancar saja, dan permintaan juga biasa aja," ucapnya.

Berbeda dengan telur ayam, harga daging ayam relatif stabil dikisaran Rp 35 - 36 ribu/kg. Begitu pula harga bawang putih yang sempat naik hingga Rp 60 ribu/kg, kini bertahan di angka Rp 40 ribu/kg.

"Untuk sekarang memang harga telur ayam aja yang naik. Untuk komoditas lainnya relatif stabil," ungkap Kepala Pasar Cimindi, Supriyadi.

Terkait bawang putih yang sempat naik, Supriyadi mengaku jika harga bumbu dapur tersebut masih bertahan Rp 40 ribu/kg.

"Iya setelah ada operasi pasar minggu lalu, harganya langsung turun dari asalnya Rp 60 ribu/kg menjadi Rp 40 ribu/kg, dan nertahan sampai sekarang," terangnya. 

 

Baca Lainnya