Rabu, 23 Desember 2020 15:35

Harga Sayuran Melonjak Jelang Natal dan Tahun Baru

Penulis : Bubun Munawar

Cimahi, - Sejumlah komodsitas yang dijual pedagang di pasar Atas Baru dan Pasar Antri Baru mengalami lonjakan, jelang Natal dan Tahun Baru 2021.

Hal itu terungkap saat inspeksi mendadak (sidak) dan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasar, yang dilaksanakan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana Rabu (23/12).

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengungkapkan, dirinya melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok, serta memastikan ketersediaan stok pangan menjelang Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Dalam Sidak tersebut, Ngatiyana mendatangi sejumlah kios yang ada di pasar Atas dan Pasar Antri .Ngatiyana melakukan obrolan dengan para pedagang di pasar terkait dengan harga, dan ketersediaan pasokan.

Usai Sidak, Ngatiyana menyebutkan, beberapa komoditas  mengalami kenaikan harga, terutama harga sayuran yang melonjak tinggi seperti cabai rawit dari Rp 24 ribu/kg menjadi Rp 55 ribu/kg, cabai keriting merah dari Rp 25 ribu/kg menjadi Rp 65 ribu/kg. harga brokoli dari Rp 14 ribu/kg menjadi Rp 25 ribu/kg, mentimun dari Rp 6 ribu/kg naik menjadi Rp 11 ribu/kg. Komoditi lain yang mengalami kenaikan harga, yakni daging ayam dari Rp 33 ribu/kg menjadi Rp 35 ribu/kg.

"Lonjakan harga tertinggi terjadi pada sejumlah sayuran, hal itu sangat terkait dengan pasokan dari para petani,   ini rezekinya para petani ya, kapan lagi petani bisa menikmati hasil panennya, sebutnya.

Tak hanya itu, Ngatiyana juga menyebut daging ayam ada kenaikan yang semula Rp 33 ribu/kg menjadi Rp 35 ribu/kg, Sementara untuk daging sapi harganya masih standar, tidak signifikan. Namunb secara umum kenaikan harga bahan pokok di pasar menjelang natal ini tidak terlalu signifikan.

Saat ditanya tentang stok kebutuhan pokok, Ngatiyana mengklaim masih memadai dan stoknya mencukupi.
"Untuk stok   masih aman dan terkendali," pungkasnya.  

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer