Minggu, 25 Maret 2018 19:44

Harga Pertalite Naik, Cek Harga Terbarunya

Penulis : Fery Bangkit 
Ilustrasi SPBU.
Ilustrasi SPBU. [Net]

Limawaktu.id,- Harga Bahan Bakar Minya (BBM) non subsidi jenis pertalite kembali mengalami kenaikan sebesar Rp200/liter, dari harga sebelumnya Rp7.600/liter, menjadi Rp7.800/liter.

Masyarakat di Kota Cimahi, mengeluhkan jika di tahun 2018 sudah terjadi beberapa kali kenaikan harga BBM non-subsidi. Parahnya lagi, kenaikan tersebut biasanya dilakukan tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan secara masif.

Heri Kusnaeni (45), warga yang kebetulan selesai mengisi BBM di spbu Pojok, Kota Cimahi, mengungkapkan jika tidak adil ketika pertamina menaikan harga tanpa pemberitahuan.

"Ya jelas kaget, meskipun naiknya Rp 200 perliter, tapi kan tanpa ada sosialisasi. Kalau belinya 100 liter, kan terasa juga. Nanti ujung-ujungnya, harga di pasar jadi naik, alasan penjual karena BBM naik. Yang menderita kan masyarakat juga," kata Heri, Minggu (25/3/2018).

Menanggapi keluhan dari masyarakat terkait kenaikan harga BBM, Sales Eksekutif Pertamina Wilayah Cimahi, Toni Pradana, mengatakan kenaikan BBM terpaksa ditempuh pihaknya untuk menyesuaikan dengan harga minyak dunia.

Pihaknya juga menolak jika dikatakan tidak melakukan sosialisasi terkait kenaikan harga BBM. Sebab, pihaknya pasti melakukan pemberitahuan sebelum menaikkan harga BBM.

"Karena ini BBM non-subsidi, jadi kita terpaksa menaikkan harga menyesuaikan dengan harga minyak dunia. Kita juga sudah sosialisasikan melalui website Pertamina, dan nanti di totem SPBU langsung berubah juga harganya," ujarnya saat dihubungi.

Pada tahun 2018 ini Pertamina sudah tiga kali melakukan penyesuaian harga BBM jenis Pertalite series. Terakhir, penyesuaian harga dilakukan Pertamina dilakukan pada bulan Februari lalu.

"Tapi kalau dibandingkan dengan harga BBM kompetitor Pertamina lain, harga di Pertamina itu sebetulnya lebih murah meskipun ada kenaikan," jelas Toni.

Toni menegaskan, kenaikan harga BBM jenis pertalite, tidak terlalu berpengaruh terhadap penjualan di beberapa SPBU di Kota Cimahi.

"Penjualannya masih cukup bagus sampai sekarang, tidak ada perubahan meskipun sudah naik harganya," pungkasnya.

Baca Lainnya