Senin, 3 Juni 2019 14:52

Harga Daging Ayam dan Sapi di Cimahi Kompak Naik Jelang Lebaran

Reporter : Fery Bangkit 
Rohani Rosmini, Salah Satu Pedagang Ayam
Rohani Rosmini, Salah Satu Pedagang Ayam [ferybangkit]

Limawaktu.id - Para pedagang eceran di pasar tradisional Kota Cimahi menyebutkan, puncak kenaikan harga daging ayam terjadi hari ini, Senin (3/6/2019).

Per hari ini, para pedagang daging ayam di Kota Cimahi, seperti di Pasar Atas Baru terpaksa menaikan harga daging ayam hingga Rp 43 ribu per kilogram. Naik dari harga sebelumnya dari Rp 38-40 ribu per kilogram.

Baca Juga : Stok Kembali Melimpah, Harga Bawang Kating Turun Drastis 

"Per hari ini saya jual daging ayam Rp 42-43 ribu per kilogram. Hari ini puncaknya, besok kayanya gak bakalan naik lagi," kata Pedagang ayam Pasar Atas Baru Kota Cimahi, Nunung Nursya'adah (48) saat ditemui, Senin (3/6/2019).

Dikatakannya, kenaikan harga ayam ini memang sudah terjadi di tingkat bandar sehingga pedagang eceran pun harus ikut menaikan harga. Ia menduga, kenaikan harga ini karena bandar memanfaatkan moment Idul Fitri.

Baca Juga : Impor Bawang Putih Datang, Harga Mulai Turun, Pedagang Untung 

"Kalau pengecer ya ngikuti pembelian dari yang punya bandar," ujar Nunung.

Selain itu, Nunung juga terpaksa menaikan harga daging ayam untuk membayar upah pekerjanya. Penambahan pekerja sendiri dilakukannya untuk melayani konsumen yang meningkat jelang lebaran.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Cimahi Mulai Merangkak Naik

"Hari-hari biasa yang kerja satu orang sekarang yang kerja empat orang. Kalau sekarang ditaikin Rp 2 ribu buat upah pegawai," jelasnya.

Selain daging ayam, harga daging sapi juga mengalami peningkatan sejak beberapa hari terakhir. Jika sebelumnya harga daging sapi rata-rata hanya Rp 110-115 per kilogram, maka hari ini naik menjadi Rp 130 ribu er kilogram.

"Iya sekarang naik lagi jadi Rp 130 ribu per kilogram," terang Hidayat (47), salah seorang pedagang daging sapi.

Menurutnya, jika terus mengandalkan sapi lokal, kemungkinan harga di tingkat eceran akan semakin melonjak tinggi. Sebab menurutnya, stok daging sapi lokal tak akan cukup untuk memenuhi permintaan konsumen.

Untuk itu, Hidayat berharap pemerintah segera menerapkan kebijakan daging sapi impor. Sepeerti hal nya impor bawang putih atau kating yang juga diimpor dari luar negeri.

"Saran dari pedagang supaya harganya bisa seimbang, harus ada impor daging. Kalau ada impor pasti harga akan stabil," pungkasnya.

Baca Lainnya