Rabu, 6 Desember 2017 17:15

Hanya Diikuti 10 Orang, Aksi Tuntut Ganti Rugi Konsumen PNC Minim Dukungan

Reporter : Fery Bangkit 
Aksi Tuntut Ganti Rugi Konsumen PNC
Aksi Tuntut Ganti Rugi Konsumen PNC [limawaktu]

Limawaktu.id, - Aksi tuntutan pengembalian uang konsumen Pusat Niaga Cimahi (PNC) yang diklaim mencapai Rp 3,5 miliar hanya diikuti 10 orang perwakilan saja.

Padahal, dalam surat edaran yang diterima Senin, 4 Desember 2017 kemarin, para konsumen yang tergabung dalam Persatuan Pasar dan Warung Tradisional Pesat (PESAT) Jawa Barat akan menghadirkan 70 orang.

Terkait aksi tuntutan, Koordinator Aksi, Agus Juandi Fadillah, mengatakan, hal tersebut karena pembangunan PNC di lahan Cibeureum hingga kini belum terwujud. Padahal pembebasan lahan sudah mengeluarkan anggaran puluhan miliar dari uang rakyat.

"Selama 6 tahun kami memohon kepada DPRD Kota Cimahi terkait masalah pengembalian uang konsumen PNC yang mencapai 3,5 miliar, tapi sampai saat ini tidak ada realisasinya," ujar Agus Juandi Fadillah di kantor DPRD Kota Cimahi, Rabu (6/12/2017).

Jika uang tersebut tidak bisa dikembalikan, pihaknya akan menempuh jalur hukum.

Sementara pihak pemerintah Kota Cimahi terhadap konsumen PNC tidak ada peran sama sekali dan tidak menerbitkan Izin Peruntukan Penggunaan Ruang Tanah (IPPR/T).

"Padahal sudah ada investor baru dari Korea yang siap berinvestasi, tapi malah dihambat oleh Pemkot Cimahi," katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kota Cimahi, Ahmad Gunawan, mengatakan Pemerintah Kota Cimahi harus bertanggung jawab terkait permasalahan tersebut.

"Itu proses yang harus diperjuangkan biar Walikota bisa mengambil langkah langkahnya," ujar Ahmad.

Menurutnya, jika APBD memungkinkan sesuai aturan yang ada, pemerintah akan mengeluarkan anggaran untuk mengembalikan uang tersebut, namun untuk eksekusinya harus dilakukan oleh eksekutif.

"Secara politis DPRD menyetujui pergantian terhadap uang mereka walaupun dengan APBD, tapi tetap berdasarkan aturan yang berlaku," katanya.

Untuk itu, pihaknya akan mendorong pihak Pemkot Cimahi dan akan melakukan pertemuan dengan Wali Kota untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. (kit)*