Rabu, 5 Desember 2018 14:51

Hak Digantung, Buruh Rencanakan Gugat PT Matahari Sentosa Jaya

Reporter : Fery Bangkit 
Sekitar 3.000 Lebih Buruh PT Matahari Sentosa Jaya Menggelar Aksi Sebagai Protes Terhadap Kebijakan Perusahaan.
Sekitar 3.000 Lebih Buruh PT Matahari Sentosa Jaya Menggelar Aksi Sebagai Protes Terhadap Kebijakan Perusahaan. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Dua pekan berlalu sejak penutupan, sekitar 1.500 buruh PT Matahari Sentosa Jaya belum juga menemui kejelasan soal hak mereka. 

Seperti diketahui, perusahaan yang beralamat di Jalan Joyodikromo, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi itu memutuskan untuk menghentikan seluruh kegiatan produksinya alias ditutup per 21 November 2018.

Baca Juga : Aset Perusahaan Dijadikan Jaminan Buruh PT Matahari Sentosa Jaya

Namun, ditutupnya perusahaan yang bergerak diproduksi kaos kaki itu belum menyelesaikan hak bagi seluruh karyawannya. Terutama gaji yang belum dibayarkan serta hak pasca ditutupnya perusahaan.

Ketua PUK SPTSK SPSI PT Matahari Sentosa Jaya, Ikin Kusmawan mengatakan, sejak ditutupnya perusahaan, semua karyawan otomatis menganggur. Rencananya, kata dia, semua karyawan yang dikuasakan melalui serikat buruh akan melayangkan gugatan ke pengadilan.

Baca Juga : Hari ini Ditutup, Begini Suasana Buruh di PT Mahatari Sentosa Jaya 

"Kita mau langsung bikin gugatan. Kalau bisa minggu sekarang," ujar Ikin saat dihubungi via sambungan telepon, Rabu (5/12/2018).

Gugatan dilakukan untuk mengupayakan agar hak seluruh karyawan bisa dituntaskan pihak perusahaan. Gugatan yang akan dilayangkan akan mengacu pada Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Ketenagakerjaan.

Baca Juga : Nasib 1.500 Karyawan PT Matahari Sentosa Jaya Ditentukan dalam Seminggu 

Dikatakan Ikin, awalnya, para karyawan yang menguasakan gugatan hanya sedikit. Namun, selama 10 hari terakhir ini, para karyawan yang mengajukan kuasa semakin bertambah signifikan.

"Kan harus ada surat kuasanya. Sekarang udah 1.400 dan terus bertambah. Kita masih menunggu data, baru dimasukan ke pengadilan," ujarnya.

Baca Juga : 1.500 Buruh PT Matahari Sentosa Jaya Bakal Nganggur, ini Kata Ajay

Perihal perkembangan setelah adanya mediasi dua pekan lalu, lanjut Ikin, pihak perusahaan melalui kuasa hukumnya bersama karyawan sudah ada kesepakatan bahwa sebagian kecil aset milik PT Matahari Sentosa Jaya akan diamankan para buruh.

"Intinya kita ngamanin sebagian kecil aset untuk pesangon karyawan, cuma sisanya ini kita layangkan ke pengadilan," tandasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Hubungan Industrial pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi, Asep Herman mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapat informasi soal rencana pelayangan gugatan dari para karyawan PT Matahari Sentosa Jaya. Namun, pihaknya mempersilahkan jika memang jalur itu akan ditempuh.

"Mereka belum mengajukan. Silahkan menempuh jalur hukum," ucapnya.

Dikatakan Asep, sejauh ini memang belum ada perkembangan perihal kesepakatan antar perusahaan dengan pekerja PT Matahari Sentosa Jaya. Terutama soal hak-hak yang akan diterima karyawan. Namun, soal pesangon, tentu harus menunggu putusan dari pengadilan terlebih dulu.

"Pabrik tutup itu haras ada keputusan pengadilan. Kalau dipailitkan lama prosesnya," tandasnya.

Baca Lainnya