Jumat, 18 Agustus 2023 22:56

Hadapi Ancaman di Perairan, Pangdam III/Siliwangi Resmikan Siliwangi Scuba Dive Club

Reporter : Bubun Munawar
Pangdam III/Siliwangi  Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo resmikan Siliwangi Scuba Dive Club Jum'at (18/08/2023).
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo resmikan Siliwangi Scuba Dive Club Jum'at (18/08/2023). [Pendam III/Siliwangi]

Limawaktu.id, Bandung  - Prajurit KOdam III/Siliwangi secara dini disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya ancaman tidak terduga di perairan. Pangdam III/Siliwangi  Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo resmikan Siliwangi Scuba Dive Club Jum'at (18/08/2023).

Peresmian Scuba Dive Club tersebut diselenggarakan di Kolam renang Tirta Marta Satriya Rindam III/Siliwangi,  Jl. Menado No. 04, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung.

Acara diawali dengan paparan tentang Scuba Dive oleh Fitra, Instruktur Bandung Scuba Center. Penjelasan singkat diberikan tentang jenis dan karakteristik alat peralatan serta beberapa teknik saat persiapan maupun pelaksanaan hingga jika dalam kondisi emergency dalam air.

Peresmian oleh Pangdam III/Siliwangi  ditandai dengan penandatanganan Plate Scuba Dive sebagai simbol telah diresmikannya Siliwangi Scuba Dive Club. Pada kesempatan itu, Pangdam menjelaskan makna dibalik tulisan pada plat tersebut.

Pangdam menegaskan bahwa Siliwangi Scuba Dive Club merupakan salah satu komunitas yang seharusnya sudah ada sejak lama. Hal itu  dalam rangka untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan kejadian tak terduga di wilayah perairan Jabar dan Banten yang sangat luas.

Kemampuan Scuba merupakan salah satu pelaksanaan dalam pembinaan personel untuk meningkatkan spesialisasi di bidang selam. Sehingga dalam pembinaan personel, tiap prajurit harus dilatih, dididik dan digunakan.

“Ini merupakan sebuah kebutuhan, karena dalam menghadapi dinamika tugas selalu Unpredict. Jadi kalau memang ini bagian dari kemampuan yang dapat menunjang, berarti jangan mematikan sebuah potensi,” tutur Pangdam.

Pangdam juga menggarisbawahi bahwa Kodam merupakan satuan penindak awal harus mampu menangkal setiap ancaman dari  dinamika yang terjadi di wilayah. Sehingga memerlukan pasukan yang memiliki kualifikasi untuk menuntaskan tugasnya dalam waktu singkat.

"Diharapkan dengan adanya Siliwangi Scuba Dive Club dapat menciptakan kader-kader penyelam baik dengan klasifikasi Sport, SAR maupun ekpedisi," pungkas Mayjen Kunto.

Pada kesempatan itu Mayjen TNI Kunto memberikan dukungan penuh kepada para penyelam melalui berbagai alat dan fasilitas. Termasuk kompresor untuk mengisi tabung sebagai sarana pokok para anggota Scuba Dive Club.

Baca Lainnya