Rabu, 13 Juni 2018 15:57

H-2 Lebaran 2018, Penjualan Tiket Bus Reguler di Cimahi Sepi Pemudik

Reporter : Fery Bangkit 
PO bus di sekitar Jalan Gedong Opat Cimahi, beberapa agen penjualan tiket terlihat sepi.
PO bus di sekitar Jalan Gedong Opat Cimahi, beberapa agen penjualan tiket terlihat sepi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Memasuki H-2 Idul Fitri 1439 Hijriyah, belum nampak lonjakan penumpang yang terlihat di perusahaan (PO) bus di Kota Cimahi.

Berdasarkan pantauan pada Rabu (13/6/2018) di PO sekitar Jalan Gedong Opat Cimahi, beberapa agen penjualan tiket terlihat sepi. Tak ada tanda-tanda pemudik yang akan membeli tiket.

Ricky (31), salah seorang agen tiket bus Kramat Djati mengungkapkan, bahwa musim mudik kali ini tidak ada sama sekali peningkatan penjualan tiket. Bahkan, kata dia, lebih ramai hari-hari biasa.

"Iya normal-normal aja, gak ada peningkatan. Malah ramean hari biasa," tuturnya, Rabu (13/6/2018).

Dikatakannya, tahun ini, penjualan tiket khusus mudik lebaran menurun drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Apalagi, H-2 seperti sekarang ini.

"Kalau tahun sebelumnya, bisa sampai 60 penumpang. Sekarang 20-30 juga udah alhamdulillah," ujar Ricky.

Menurutnya, penurunan pemudik yang menggunakan bus reguler dikarenakan faktor banyaknya penyelenggaraan mudik gratis. "Terus pake transportasi lain. Pake kereta sama motor," tandasnya.

Hal serupa dialami Dudi (51), agen bus Shantika. Bahkan, kondisi yang di alami Dudi lebih parah. Pasalnya, dalam sehari ia hanya memberangkatkan rata-rata 6-7 penumpang saja.

"Sekarang makin menurun. Lebaran juga gak ada lonjakan pemudik," katanya.

Dikatakannya, selain faktor banyaknya mudik gratis, adanya sejumlah agen penjualan tiket di Kota Cimahi juga sedikitnya ikut andil dalam penurunan penumpang lebaran tahun ini.

Bus-bus di sekitar Jalan Gedong Opat sendiri melayani berbagai tujuan ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali hingga Sumatera.