Jumat, 16 Februari 2018 18:23

Giatkan Citarum Bersih, Koramil 0901 Lembang Targetkan Tanam 400 Pohon

Reporter : Fery Bangkit 
Kapten Armed Pendi, Danramil 0901/Lembang saat penanaman pohon di Taman Lingkungan Junghun, Lembang, Bandung Barat.
Kapten Armed Pendi, Danramil 0901/Lembang saat penanaman pohon di Taman Lingkungan Junghun, Lembang, Bandung Barat. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Koramil 0901 Lembang bersama Polsek Lembang menargetkan 400 pohon tertanam di Taman Lingkungan Junghun, Lembang, Bandung Barat.

Rencananya, pohon tersebut akan ditanam di area seluas satu hektare. Penanaman pohon merupakan rangkaian kegiatan Citarum Harum.

Danramil 0901/Lembang, Kapten Armed Pendi mengungkapkan kegiatan ini untuk menumbuhkan tanaman-tanaman kembali di lahan kritis Perhutani. Lembang, bagi Kapten Pendi merupakan hulu dari anak sungai Citarum yang memberikan kontribusi pada alam Jawa Barat.

"Di Lembang ini secara umum tidak ada kerusakan dan masih terjaga alamnya. Tapi, kami tetap harus menjaganya. Sebab, jika tidak dijaga nanti anak cucu akan terkena imbasnya meskipun lahan itu subur," ucapnya, Jum'at (16/2/2018).

Pohon yang ditanam bermacam-macam, seperti pohon keras, kayu putih, sengon, dan jabon serta pohon berbuah. Targetnya, penanaman ini hingga ke area 1 hektar dengan sebanyak 400 pohon.

Ketika disinggung terkait masih adanya warga masyarakat yang membuang kotoran ternak ke sungai, Danramil mengaku memang sulit untuk mencegah hal itu. Namun, dia mengimbau untuk tidak membuang kotoran ternak sapi sembarangan.

"Kotoran sapi itu bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos," ujarnya.

Sebelumnya, Koramil, Polsek, dan Muspika sudah bergerak membersihkan lingkungan jalan raya, agar pemandangan menuju wisata Lembang terlihat bersih.