Sabtu, 21 Desember 2019 13:43

Gerhana Matahari Cincin Bisa Diamati Langsung di KBB, ini Lokasi dan Caranya!

ilustrasi gerhana matahari cincin Net
ilustrasi gerhana matahari cincin Net [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Pemantauan Tim Observatorium Bosscha akan melakukan pengamatan Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada 26 Desember mendatang bisa dinikmati secara langsung oleh masyarakat sejak pukul 10.00-15.00 WIB.

Pemantauan akan dilakukan didua titik, yakni dari Lapangan Sinapeul Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB). Satu titik lainnya di Taman Gonggong, Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

"Tidak ada pengamatan di dalam area kompleks observatorium, tapi warga bisa ikut menyaksikan di dua lokasi tersebut," ujar Peneliti dari Observatorium Bosscha Yatny Yulianty saat dihubungi, Sabtu (21/12/2019).

Gerhana tersebut terjadi ketika Bulan menutupi pusat Matahari, meninggalkan tepi terluar Matahari membentuk 'cincin api' atau annulus diamati dari permukaan Bumi. "GMC terakhir kali teramati dari sebagian wilayah Indonesia pada 26 Januari 2009 dan akan terjadi lagi 26 Desember 2019," terangnya.

Ia mengimbau agar warga tak menatap langsung GMC dengan mata telanjang atau alat bantu optik binokuler atau teleskop. Pasalnya, intensitas cahaya matahari yang tinggi bisa merusak lapisan retina mata jika ditatap terlalu lama dan bisa berujung kebutaan permanen.

"Untuk dapat mengamati gerhana dengan aman, beberapa cara dapat dilakukan diantaranya menggunakan metode proyeksi bayangan dan menggunakan bantuan optik yang dilengkapi filter khusus," jelasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer