Minggu, 18 September 2022 23:55

Gelar Tari Merak Sadunya, Jadikan Budaya Sendi Kehidupan

Reporter : Iman Nurdin
Pemprov Jabar menggelar tari Merak Sadunya menjadikan kebudayaan sebagai sendi kehidupan.
Pemprov Jabar menggelar tari Merak Sadunya menjadikan kebudayaan sebagai sendi kehidupan. [Istimewa]

Bandung, (limawaktu.id),- Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Jabar Ahmad Hidayat mengapresiasi komitmen pemerintah provinsi Jawa Barat dalam merawat seni dan budaya. Sebelumnya Pemprov Jabar menggelar kegiatan Tari Merak Sadunya (Sedunia). Para penari merak lengkap dengan kostumnya, menari-nari di halaman parkir Gedung Sate Bandung. Tarian asli Jawa Barat ini sudah mendapatkan predikat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Ahmad menjelaskan pentingnya melestarikan warisan budaya. Menurut dia, kebudayaan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa. Apalagi kebudayaan tersebut lanjut Ahmad sudah merasuk dalam sendi kehidupan.

“Suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaan telah mengakar dalam sendi kehidupan masyarakat. Sehingga kita tidak lupa dengan jati diri dalam kehidupan berbangsa,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Bandung, Senin (19/9/2022).

Dia menjelaskan, budaya Indonesia yang terbiasa saling tolong menolong, gotong royong, ramah dan santun hampir terkikis ditelan dunia global. Ahmad menjelaskan, masyarakat Indonesia berubah menjadi masyarakat yang penuh dengan kecurigaan dan mudah mencaci maki, tanpa tahu permasalahannya seperti apa.

“Kita lihat para netizen, jika ada pejabat artis yang dirasa tidak sesuai keinginan netizen. Maka para netizen ini dengan mudah menghakimi bahkan tidak sedikit yang mencaci maki tanpa memikirkan perasaaan orang yang dibullynya,” katanya.

Oleh karena itu, Ahmad berharap budaya santun dan ramah bangsa Indonesia bisa kembali menggelora dalam sendi kehidupan dan ber media sosial.

“Mudah-mudahan pemprov Jabar tidak hanya sekedar tari merak saja yang dilestarikan. Namun budaya gotong royong, santun, ramah pun bisa terus dikampanyekan,” pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer