Minggu, 30 Desember 2018 8:02

Gelar Ramp Check Dipenghujung Tahun, Dua Kendaraan Dikandangkan Petugas Gabungan

Reporter : Fery Bangkit 
Pemeriksaan kelaikan kendaraan besar dalam rangka pengamanan jelang Tahun Baru 2019.
Pemeriksaan kelaikan kendaraan besar dalam rangka pengamanan jelang Tahun Baru 2019. [FeryBangkit]

Limawaktu.id - Dua unit kendaraan besar dikandangkan petugas gabungan dalam pelaksanaan ramp check di Rest Area KM 125, Cibeber, Kota Cimahi, Sabtu (29/12/2018).

Pemeriksaan kelaikan kendaraan besar, seperti bus dan truk yang dilakukan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kota Cimahi bersama Satlantas Polres Cimahi, Kodim 0609, Subdenpom serta Subgarnisun Kota Cimahi itu dalam rangka pengamanan jelang Tahun Baru 2019.

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang menjelaskan, dikandangkannya satu unit bus umum dan satu truk itu dikarenakan per keong (shockbreaker) belakang ternyata patah.

"Dan juga ditemukan ban yang tidak terpasang baut serta kondisi rem tangan yang tidak berfungsi sama sekali," jelas Ranto saat dihubungi via pesan singkat, Sabtu (29/12/2018).

Seluruhnya, kata Ranto, dalam ramp check kali ini, petugas gabungan memeriksa 21 unit kendaraan, yang terdiri dari 15 bus dan enam unit truk. Dua di antaranya dikandangkan, karena tidak mengindahkan kelaikan kendaraan

"2 (dua) unit ini ditahan sebagai barang Bukti berupa bus dan truk yang diamankan oleh jajaran Satlantas Polres Cimahi, dan yang dilakukan penindakan berupa pemberian tilang sebanyak 8 (delapan) unit kendaraan," bebernya.

Khusus bus yang dikandangkan yakni jurusan Bandung-Cikarang, lanjut Ranto, seluruh penumpangnya terpaksa dialihkan ke bus pengganti yang disiapkan oleh pengelola bus.

Ranto menegaskan, pemeriksaan kelaikan kendaraan ini semata-mata untuk memastikan bahwa kendaraan umum dan angkutan barang laik jalan. Tujuannya, untuk menjaga keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

Baca Lainnya