Senin, 28 Januari 2019 13:20

Gagal Tahun Lalu, DPKP Cimahi Ulang Wacanakan Pembebasan Lahan di Dua Lokasi ini

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna meninjau lokasi rencana pembuatan embung di Pasirkaliki.
Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna meninjau lokasi rencana pembuatan embung di Pasirkaliki. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Proses pembebasan lahan di dua lokasi kembali di wacanakan Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) tahun ini.

Dua lokasi lahan yang akan dibebaskan berada di Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah sebanyak 4.000 meter persegi serta di Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan seluas 6.000 meter persegi. Tujuannya, untuk mengentaskan banjir di Melong.

Baca Juga : Era Transaksi Non Tunai, Beli Mamin Wajib via Transfer

"Tahun ini dibebaskan yang di Cigugur Tengah. Minggu ini sudah proses appraisal, kemudian proses, pemberkasan pembayaran," ujar Kepala DPKP Kota Cimahi, Muhammad Nur Kuswandana saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Senin (28/1/2019).

Tahun lalu, DPKP juga telah merencanakan bahwa pembebasan lahan di Cigugur Tengah dan Melong itu bakal terealisasi. Namun, hingga akhir tahun 2018, pembebasan urung terealisasi karena masalah persetujuan dari pemilik lahan.

Baca Juga : Program Selalu Molor, SPIP Pemkot Cimahi Tertinggal dari Daerah Lain di Jabar 

Sebab gagal terealisasi, akhirnya DPKP Kota Cimahi pun menganggarkan kembali pembebasan lahan tahun ini. Duit yang disediakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi Tahun Anggaran 2019 mencapai Rp 27 miliar.

"Pembebasan lahannya sekitar Rp 27 miliar (Cigugur) sama yang di Melong," terang Nur.

Baca Juga : Target Tinggi SPIP, Pemkot Cimahi Bentuk Satgas Inspektorat

Jika pembebasan lahan terealisasi tahun ini, lanjut Nur, kemungkinan fisiknya bakal dilaksanakan tahun 2020 oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), dengan estimasi anggaran sebesar Rp 50 miliar.

Pembebasan lahan di Cigugur Tengah dan Melong Kota Cimahi itu merupakan salah satu langkah untuk menuntaskan banjir di Kota Cimahi. Khususnya di Melong. 

Baca Lainnya