Senin, 2 Juli 2018 17:51

Foto Zaman Dulu Dipamerkan di Pemkot Cimahi, Begini Komentar Ajay

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna saat menghadiri acara 'Seminar dan Pameran Foto'.
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna saat menghadiri acara 'Seminar dan Pameran Foto'. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Wali Kota cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengapresiasi acara 'Seminar dan Pameran foto' yang diselenggarakan di Aula Gedung B Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Senin (2/7/2018).

Pasalnya, acara tersebut memperlihatkan bagaimana Kota Cimahi memiliki sejarah panjang. seperti bangunan-bangunan heritage yang memang harus dilestarikan.

"Bangunan-bangunan heritage ini tidak boleh hilang dan harus dipelihara dengan baik. Memang tidak mudah memelihara bangunan tua ini sehingga harus tetap digunakan," kata Ajay usai menghadiri acara tersebut, Senin (2/7/2018).

Untuk kondisi saat ini, dirinya menyayangkan dengan adanya bangunan heritage di Kota Cimahi yang saat ini telah dibongkar dan tidak mempertahankan bentuk awal bangunan heritage tersebut.

"Mudah-mudahan untuk bangunan yang lainnya tidak dirubah karena disini ada komunitas Cimahi Heritage dan bangunan yang lainnya milik militer sehingga bisa dipertahankan," katanya.

Dalam acara tersebut, ditampilkan juga sejumlah foto hasil karya Wartawan Foto Bandung (WFB) tentang bangunan heritage zaman dulu dan zaman sekarang dipamerkan di gedung B Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi.

Sejumlah siswa SMA se-Kota Cimahi yang menghadiri acara, tampak antusias ketika kedua pemateri tersebut memaparkan tentang Cimahi jaman dulu dan Cimahi saat ini yang dikemas dalam sebuah foto.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Mochammad Ronny, mengatakan, kegiatan tersebut juga digelar terkait kearsipan untuk mengingatkan masyarakat bahwa arsip yang bersipat foto di Cimahi sangat terbatas.

"Dengan kegiatan ini arsip yang bersifat foto ataupun video dan audio bisa digali lagi, sehingga bisa memperkaya khasanah kearsipan di Kota Cimahi," ujarnya.

Menurutnya, arsip tentang Kota Cimahi saat ini masih bisa dikumpulkan sepanjang sumber-sumbernya masih bisa dipertanggung jawabkan dengan baik.

Sumber-sumber arsip tersebut, kata Ronny, diantaranya bisa digali dari penggiat-penggiat sejarah yang ada di Kota Cimahi.

"Tentu saja harus disertai dengan bukti-bukti autentik, saya kira ini bisa dijadikan untuk memperkaya arsip di Kota Cimahi," ujarnya.

Ronny mengatakan, foto-foto tersebut akan dipajang di gedung B Pemkot Cimahi untuk memperkenalkan Cimahi jaman dulu dan Cimahi zaman sekarang kepada Aparatur Sipil Negara ASN Pemkot Cimahi.

"Agar masyarakat dan pegawai bisa tahu ternyata pembangunan dan perkembangan Kota Cimahi ini memang luar biasa," katanya.

Baca Lainnya