Sabtu, 18 Juni 2022 15:02

Forwatch Perkenalkan Jurnalis Profesi yang Menyenangkan

Reporter : Wawan Gunawan

Limawaktu.id,- jurnalis atau Wartawan merupakan sebuah profesi yang digandrungi banyak orang, yang tugasnya  memberikan informasi kepada masyarakat luas. Namun, profesi ini mempunyai tanggung jawab besar terhadap publik, selain itu juga membutuhkan fisik dan mental yang kuat. Menjadi jurnalis juga sangat menyenangkan, karena kita  bisa mendapatkan pengalaman dalam bekerja, menyambung aspirasi masyarakat, bisa banyak belajar tentang kemanusiaan, perkembangan politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya.  Terkadang bertemu dengan orang-orang penting dibidang apapun, yang  akan menjadi motivasi diri untuk lebih maju seperti mereka.

Tak sekedar mendapatkan upah dari hasil pekerjaannya, jurnalis juga bisa berkesempatan berkeliling dunia secara gratis, bahkan mendapatkan uang saku ketika mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan tugas peliputan.

“Kami memperkenalkan kepada para siswa SMP khususnya di SMPN 14 Cimahi  tentang dasar-dasar jurnalistik serta pengalaman-pengalaman apa yang diperoleh seorang wartawan atau jurnalis selama melaksanakan tugasnya, seperti jalan-jalan ke luar negeri atau dalam negeri saat melaksanakan tugas peliputan,” terang Bubun Munawar,  Koordinator Forum Wartawan Cimahi (Forwatch) usai pelaksanaan kegiatan Forwatch Goes to School dengan Thema Pengenala Dasar Jurnalistik di SMPN 14 Cimahi, Sabtu (18/6/2022).

Menurutnya, selain mengenalkan apa itu dunia juranalistik, kegiatan ini merupakan salah satu motivasi kepada para pelajar tentang bagaiaman profesi seorang wartawan yang sama dengan profesi lainnya.

“Kita memberikan pengetahuan tentang dunia jurnalistik dan profesi wartawan sebagai sebuah profesi yang terhormat,” paparnya.

Tak hanya itu, Pengenalan Dasar Jurnalistik ini juga dilakukan dalam membantu pemerintah meningkatkan minat baca di kalangan pelajar, serta mendorong peningkatan literasi khususnya dikalangan anak muda agar lebih mencaintaimembaca.

Salah seorang siswa SMPN 14 Cimahi Adinda mengaku mendapatkan tambahan wawasan terkait dengan dunia jurnalistik, sebagai salah satu profesi yang memberikan informasi kepada masyarakat luas.

Hal yang sama disampaikan Reza, siswa SMPN 14 Cimahi yang mengaku tertarik untuk menjadi seorang jurnalis karena memberikan manfaat kepada orang banyak, serta lebih tahu informasi yang didapat sebelum disampaikan kepada masyarakat.

“Wartawan juga ternyata  bisa bereliling dunia atau Indonesia serta mendapatkan informasi terlebih dahulu,” jelasnya.

Sementara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 14 Sumini Astuti mengaku pihaknya baru kedatangan para wartawan yang memberikan pengetahuan kepada para siswa tentang apa itu dunia jurnalistik.

“Baru kali ini ada para wartawan yang datang untuk memberikan pengetahuan tentang dunia jurnalistik. Kami sangat berterimakasih dan mensupport atas apa yang dilakukan para waratwan ini,” ungkapnya.

Sedangkan Riffa Anggadhitya yang menjadi Narasumber dalam Pengenalan Dasar Jurnalistik ini  menyatakan, dirinya sengaja memberikan pengetahuan dan pengenalan tentang seorang jurnalis serta pengalaman-pengalaman apa saja yang didapatnya selama menjalankan tugas sebagai seorang jurnalis atau wartawan.

“Kami memberikan pemahanam jika wartawan itu sebuah peofesi terhormat, termasuk pengalaman-pengalaman apa saja yang didapatkan seorang jurnails, seperti bisa berkeliling ke luar negeri dan Indonesia. Dengan memberikan pemahaman itu semoga akan menjadi motivasi bagi para siswa untuk menjadi seorang jurnalis,” pungkasnya.

    

Baca Lainnya