Selasa, 16 Oktober 2018 11:20

Flyover Padasuka Diujicobakan, Warga:Mirip di Korea, Saya Upload Terus di FB

Reporter : Fery Bangkit 
Flyover Padasuka
Flyover Padasuka [Fery Bangkit/limawaktuid]

Limawaktu.id, Cimahi - Mulai dioperasikannya flyover Padasuka mendapat apresiasi dari para pengendara.

Meski hanya bersifat uji coba, para pengendara mengaku cukup terbantu dengan adanya proyek milik Pemerintah Kota Cimahi itu.

Baca Juga : Sempat Mangkrak Setahun, Flyover Padasuka Cimahi Tinggal Nunggu Uji Kelaikan

Marno (65), salah seorang pengendara menuturkan, meski penggunannya baru sekedar uji coba, tapi manfaatnya sangat membantu warga.

"Ini sangat membantu. Jembatannya bagus juga," tutur Marno saat ditemui di flyover Padasuka, Selasa (16/10/2018).

Baca Juga : Flyover Padasuka Rampung, Satlantas Polres Cimahi Buka Kemungkinan Buat Pos Polisi

Uji coba pengunaan flyover Padasuka ini mulai berlangsung Senin (16/10/2018) dan akan dilaksanakan hingga Sabtu (20/10/2018).

Hal serupa juga dikatakan Nina Sumarni, warga sekitar. Wanita 43 tahun itu memuji flyover Padasuka yang dinilainya sangat bagus. Bahkan, ia berkelakar bahwa flyover tersebut lebih bagus dari jemabatan di Korea.

Baca Juga : Pemkot Cimahi Bakal Uji Coba Flyover Padasuka, ini Jadwalnya

"Ini mah bagus banget. Jembatan di Korea juga kalah. Sama saya di upload terus di facebook," tuturnya.

Untuk fungsinya, kata Nina, pastinya sangat membantu. Sebab, bisa memangkas jarak dari rumahnya menuju ke kelurahan maupun ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

"Sangat membantu. Ke Puskemas, ke kelurahan jadi gampang. Biasanya harus muter dulu," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang menjelaskan, uji coba itu dilakukan untuk mengetahui apakah rencana rekayasa lalu lintas dengan dibukanya flyover Padasuka ini efektif untuk mengurai sejumlah titik kemacetan.

"Di ruas Jalan Amir Mahmud, Jalan Gatot Subroto dan jalan Warung Contong atau tidak," ujar Endang.

Kemudian, kata Endang, uji coba juga dimaksudkan untuk mengetahui apakah alat kelengkapan jalan, seperti marka jalan sudah memadai atau tidak. Sebab, hasil uji coba ini akan dijadikan sebagai bahan evaluasi.

"Dengan dibukanya flyover Padasuka ini apakah kelengkapan jalan yang sudah dipasang di area rekayasa lalu lintas sudah memadai atau tidak," tandasnya.

Flyover Padasuka dibangun sejak akhir tahun 2016 atau saat masa kepeimpinan Wali Kota terdahulu, Atty Suharti. Kemudian, proyek yang menelan anggaran sekitar Rp 17 miliar itu sempat terhenti di tahun 2017. Setahun kemudian, atau 2018 akhirnya flyover tersebut bisa diselesaikan pada kepemimpinan Wali Kota Ajay M Priatna.  

 

Baca Lainnya