Senin, 10 Oktober 2022 19:25

Film ‘Pamali’ Bangkitkan Tradisi Bagus Bagi Masyarakat

Reporter : Iman Nurdin
Film Pamali menjadi film yang mengenalkan tradisi  yang baik
Film Pamali menjadi film yang mengenalkan tradisi yang baik [Istimewa]

Bandung (limawaktu.id),– Budaya ‘Pamali’ kian terkikis di tengah era globalisasi. Pamali merupakan aturan tidak tertulis yang tidak boleh dilanggar. Jika dilanggar maka akan ada petaka atau kesialan yang terjadi. Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Jabar Ahmad Hidayat menjelaskan, Pamali adalah sebuah benteng agar masyarakat tidak lepas kendali menembus norma-norma kehidupan yang selama ini diatur oleh kebudayaan Sunda khususnya.

“Budaya Pamali ini penting, Hari ini masyarakat modern sudah mulai mengabaikan Pamali itu sendiri. Padahal, Pamali ini sebagai benteng untuk menyelamatkan alam, nilai- nilai, atau tatatan sosial,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Bandung, (10/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, dia mengapresiasi film ‘Pamali’ besutan sineas Bobby Prasetyo, dengan diangkatnya Film berjudul Pamali ini, diharapkan masyarakat modern diingatkan kembali mengenai arti dan makna dari Pamali itu sendiri.

“Film Pamali ini sudah tayang, warga Jabar diharapkan bisa nonton film ini. karena cerita dan pesan dari film tersebut sangat mengangkat budaya dan pariwiasata Jawa Barat,” katanya

Baca Lainnya

Topik Populer