Minggu, 16 Juli 2023 17:00

Festival Budaya Korea Day Jawa Barat Peringati Hubungan Korsel-Indonesia

Penulis : Iman Nurdin
Festival Korea Day Jabar digelar di Paris Van Java, Bandung dalam rangka memperingati hubungan bilateral Korea Selatan - Indonesia, Sabtu (15/7).
Festival Korea Day Jabar digelar di Paris Van Java, Bandung dalam rangka memperingati hubungan bilateral Korea Selatan - Indonesia, Sabtu (15/7). [IMN]

Bandung, Limawaktu.id - Dalam rangka memperingati hubungan diplomatik ke-50 sekaligus memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, Pemdaprov Jabar menggelar Festival budaya bertajuk Korea Day Jawa Barat. Kegiatan digelar pada 15 hingga 16 Juli 2023 di CGV Paris Van Java, Bandung.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Jabar Yulia Dewita mengatakan sejumlah pihak yakni Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta, Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia, Gyeongnam dan Gyeongbuk office Jakarta, serta CGV Indonesia saling berkolaborasi mempromosikan pertukaran dan kerja sama antara kedua negara dalam berbagai bidang seperti budaya, konten, makanan juga pariwisata.

“West Java Korea Day ini dilaksanakan dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomasi antara Indonesia dan Korea Selatan,” ujarnya, Sabtu (15/7/2023).

Pada pergelaran ini, terdapat pertunjukan kolaborasi seni tradisional Korea-Indonesia, babak penyisihan K-Pop Cover Dance Festival, tayangan pertunjukan Taekwondo, promosi Busan World Expo 2030, pengenalan ‘KOREA 360’, dan pengalaman mencoba makanan Korea, serta pengenalan produk khas provinsi Gyeongnam dan Gyeongbuk.

“Selain itu, pemuda-pemudi pencinta Hallyu yang tergabung dalam komunitas Hallyu terbesar di Bandung ‘Hansamo’ secara aktif mendukung pelaksanaan acara tersebut,” ujar Yulia.

Harapannya, lanjut dia, kegiatan ini mampu mempererat hubungan kerjasama antara Indonesia-Korea Selatan, khususnya antara Jabar dengan Korsel di pelbagai bidang, seperti kerjasama budaya dan industri.

“DPRD Provinsi Jawa Barat juga selalu mendukung kami untuk meningkatkan kerjasama luar negeri termasuk dengan Korea Selatan,” sambungnya.

Sementara itu, Minister Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia Park Soo-deok mengatakan, peringatan 50 tahun hubungan diplomatik melalui agenda ini diharapkan mampu membuka peluang saling mendalami antar kedua negara. Sekaligus mendorong investor asal Korsel untuk berinvestasi di Jabar.

“Di Asia Tenggara hubungan diplomasi ini terbilang khusus. Dengan adanya kegiatan ini Korea Selatan berharap akan berlanjut ke tingkat selanjutnya,” harapnya.

Dia menambahkan, Korea Day yang digelar di Kota Bandung ini sangat tepat karena sarat akan sejarah Indonesia. Terlebih KTT ASEAN 2023 bakal digelar di Indonesia, sehingga diyakini akan kian menguatkan hubungan antar negara, terutama Korsel.

“Kami masih belajar memahami apa yang diminati atau potensi yang ada di Jawa Barat. Tapi kami sangat menikmati kuliner khas Jawa Barat,” paparnya.

Baca Lainnya