Sabtu, 25 Mei 2024 15:24

Festival Anak Soleh XII jadi Ajang Pengembangan Karakter Santri

Penulis : Bubun Munawar
Ketua Umum Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia Kota Cimahi Asep Sutiesna (kedua dari kiri) saat pembukaan FASI XII, di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Sabtu (25/5/2024)
Ketua Umum Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia Kota Cimahi Asep Sutiesna (kedua dari kiri) saat pembukaan FASI XII, di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Sabtu (25/5/2024) [Istimewa]

Limawaktu.id, - Kota Cimahi -   Mulai maraknya permasalahan yang terjadi dikalangan masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai menunjukan gejala degradasi moral maupun akhlak. Degradasi moral yang terjadi dibangsa ini melanda berbagai lini masyarakat, salah satunya yang sering terjadi pada sektor remaja. Padahal para remaja memiliki peranan sangat penting bagi suatu bangsa.

Degradasi moral merupakan suatu fenomena adanya kemerosotan atas budi pekerti seseorang maupun sekelompok orang termasuk dikalanga generasi muda atau remaja.

“Telah terjadi degradasi akhlak maupun moral dikalangan masyarakat khususnya generasi muda. Karenanya Badan Koordinasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) sebagai ormas keagamaan   mempersiapkan generasi soleh dikalangan anak-anak, salah satunya melalui kegiatan Festival Anak Soleh,  “ terang Ketua Umum BKPRMI Kota Cimahi ASep Sutiesna, disela kegiatan Fesrival Anak Soleh (FASI) ke-12, di Gedung DPRD Kota Cimahi, Sabtu (25/5/2024).

Dia menjelaskan, FASI menjadi Ajang para santri untuk menunjukan minat dan bakatnya , menunjukan prestasi dibidang keagamaan dan sarana mengembangkan karakter anak soleh di Kota Cimahi.

Pelaksanaan FASI merupakan kegiatan yang berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupate/kota hingga tingkat nasional.

Rencananya, FASI tingkat Jawa Barat akan dilaksanakan pada Juni 2024 ini bertempat di Kabupaten Tasikmalaya, sementar untuk tingkat nasional akan dilakukan pada Oktober mendatang dengan tempat di Kabupaten Bekasi ataupun Batam.

BKPRMI Kota Cimahi menargetkan perwakilan dari Kota Cimahi bisa meraih prestasi terbaik di tingkat Jawa Barat, sehingga bisa meraih juara dan menjadi wakil dari Jawa Barat di tingkat nasional.

Dia menyebutkan, animo peserta untuk terlibat di FASI XII ini cukuo bagus, bahkan membludak walaupun masa pendaftaran dibuka tidak terlalu lama.

“Dari 40 unit TPA dan TQA yang tergabung di BKPRMI Kota Cimahi ada sekitar 1500. 28 unit diantaranya ikut serta menjadi bagian dari festival  kali in, dengan jumlah peserta selutuhnya 658 orang, “sebutnya.

BKPRMI Kota Cimahi menargetkan pada tahun depan bisa melahirkan unit-unit baru sehingga bisa mencapai 100 unit, yang diperkirakan akan ada 3000 santri yang tergabung di BKPRMI Kota Cimahi.

Festival Anak Saleh Indonesia ( FASI ) merupakan pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi, baik santri Taman Kanak[1]Kanak Al-Qur’an,Taman Pendidikan Al-Qur’an dan santri Ta’limul Qur’anLil Aulad. Diselenggarakan oleh BKPRMI.

Acara tiga tahunan ini, paling tidak memiliki fungsi utama, yakni Sebagai media untuk memperkokoh silaturahim fungsional dalam upaya menopang Ukhuwah Islamiyah terutama di kalangan pengurus Badko TKA-TPA, para pengelola, guru dan santri TK/TP Al-Qur’an, dan Ta’limul Qur’an lil Aulad, seluruh aktivis TKA-TPA dan seluruh komponen bangsa yang mencintai Al-Qur’an dan pemerhati serta menyayangi anak-anak.

Tak hanya itu FASI juga sebagai wahana untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan profesionalisme di setiap jenjang kelembagaan dalam upaya meningkatkan fungsi Badko TKA-TPA, serta sebagai media evaluasi kualitas santri di masing-masing wilayah, yang selanjutnya akan menjadi umpan balik  perbaikan kurikulum termasuk proses pembelajaran.

Untuk mengetahui santri unggulan di Tingkat Wilayah, maka FASI XII diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan, tingkat Kota/ Kabupaten,  tingkat Provinsi hingga tingkat nasional.

Baca Lainnya