Sabtu, 23 September 2017 15:38

Fenomena Equinox Terjadi Hari ini, Suhu Udara Bandung Raya Meningkat

Reporter : Fery Bangkit 
Fenomena Equinox Terjadi Hari ini, Suhu Udara Bandung Raya Meningkat
Fenomena Equinox Terjadi Hari ini, Suhu Udara Bandung Raya Meningkat [publicdomainpictures.net]

Limawaktu.id - Berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Kimia dan Geofisika (BMKG) Bandung, fenomena equinox di Indonesia akan terjadi hari ini, Sabtu (23/9/2017. Fenomena Equinox merupakan fenomena astronomi yang terjadi ketika matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa yang terjadi dua kali dalam setahun. Saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi relatif hampir sama. Biasanya, fenomena equinox ini terjadi kisaran tanggal 20-21 dan 22-23 September setiap tahunnya.

Kepala BMKG Klas 1 Bandung, Tony Agus Wijaya menjelasakan, dampak yang kerap muncul akibat fenomena equinox adalah terjadinya peningkatan suhu udara. Hal ini ditandai dengan hasil monitoring suhu udara maksimum berkisar antara 34,0 derajat celcius sampai 37,5 derajat celcius.

"Berdasarkan pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung pada bulan September 2017 ini, tercatat paling tinggi 33,4 celcius," jelas Tony saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (23/9/2017).

Menurutnya, fenomena cuaca panas dan terik merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa terjadi, seiring dengan adanya penambahan tingkat kelembapan pada lapisan atmosfer yang berkontribusi pada pembentukan awan-awan hujan. Sehingga pada kondisi suhu udara di wilayah Bandung Raya, tanggal 23 September diprakirakan berkisar antara 18,6 derajat celcius -30,1 derajat celcius.

"Wilayah yang relatif panas terjadi di area yang kurang vegetasinya dan cenderung berada di pusat kota. Jadi masyarakat dihimbau untuk tetap beraktivitas seperti biasa, menjaga daya tahan tubuh dengan makan dan minum yang sehat. Paling boleh ditambah membawa payung," pungkasnya. (kit)*

Baca Lainnya