Selasa, 9 Maret 2021 18:20

Fasilitas Kesehatan Milik TNI jadi Tempat Pelayanan KB Gratis

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi mengungkapkan,  Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) bekerjasama dengan Kesdim 0609 Cimahi berkenaan dengan penerapan perencanaan strategis untuk mendukung percepatan pencapaian sasaran program KB karena hal ini merupakan salah satu aspek yang signifikan dengan kesehatan dan kesejateraan masyarakat Kota Cimahi.

 “Hari ini kita bersama dengan Kesdim yang ada di Kota Cimahi bersama-sama melaksanakan yaitu pemasangan [alat] kontrasepsi atau KB, yang mana Pemerintah Kota Cimahi dalam hal ini Dinsos[P2KBP3A] mengambil perwakilan dari beberapa kelurahan untuk melaksanakan pemasangan IUD ataupun implant KB yang ada disini… Total targetnya ada 100 orang untuk pemasangan KB,” ujar Ngatiyana, usai meninjau langsung acara Pelayanan Pemasangan Kontrasepsi KB Gratis Kota Cimahi Tahun Anggaran 2021 bertempat di Klinik Siliwangi Jalan Stasion, Baros Cimahi Tengah, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, pada Selasa (09/03).

 Ditanya tentang pemilihan lokasi untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, Ngatiyana mengatakan bahwa pemilihan Klinik Siliwangi yang berada di bawah naungan Kesdim 0609 Cimahi tersebut dinilai sudah tepat. Menurutnya, pemerintah daerah perlu menjalin kerjasama yang baik dengan institusi TNI. Terlebih lagi di Cimahi yang notabene merupakan “kota tentara” karena banyaknya fasilitas pusat pendidikan dan pelatihan milik TNI-AD di kota ini.

 “Kita kerjasama dengan TNI Karena fasilitas TNI itu banyak. Nah kalau kita sudah deket dengan TNI, segala sesuatunya kita bisa bekerjasama. Kita hubungan dengan TNI ini sudah lama juga yah… makanya kenapa kita [kerjasama] dengan kesdim, dengan rumah sakit dustira dan sebagainya, karena Cimahi adalah kotanya tentara. Tiap hari juga Alhamdulillah pelaksanaan vaksin [Covid-19] bisa dilaksanakan di Kesdim,” tuturnya.

 Kepala DinsosP2KBP3A Kota Cimahi, Guntur Priyambadha mengatakan, kegiatan pelayanan pemasangan kontrasepsi tersebut ditujukan untuk masyarakat peserta non-JKN di Kota Cimahi. Adapun yang menjadi target pelayanan pemasangan kontrasepsi adalah 100 calon akseptor dari 15 kelurahan se-Kota Cimahi yang terdiri dari 90 calon akseptor IUD dan 10 calon akseptor implant.

Kedapan, di peringatan Hari jadi Kota Cimahi mendatang, kegiatan serupa bakal dilaksanakan Kembali. Hal ini dilakukan mengingat dimasa pandemi seperti saat ini keinginan ber KB masyarakat Kota Cimahi terkendala dengan biaya yang dibutuhkan. Melalui APBD Kota Cimahi, pihaknya memberikan pelayanan KB gratis bagi 100 warga Kota Cimahi.

 “Kedepan kami akan mencari lagi sumber pendanaan dari luar APBD sehingga pelayanan KB Gratis seperti sekarang bisa lebih banyak lagi peserta yang dibantu,” pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer