Selasa, 13 Maret 2018 22:31

Fasilitas 1.436 Penyandang Disabilitas, DPRD Cimahi Rencanakan Bentuk Perda

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net]

Limawaktu.id,- Untuk memenuhi menjamin keberadaan para penyandang disabilitas, dprd Kota Cimahi tengah menggagas Rancangan Peraturan Daerah (raperda) Pemenuhan Hak Disabilitas.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) VI DPRD Kota Cimahi, Enang Sahri Lukmansyah mengatakan, Raperda tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan upaya berbagai pihak dalam memberikan jaminan aksesibilitas dan kesetaraan layanan serta pemenuhan hak penyandang disabilitas.

"Masyarakat disabilitas bagian dari warga Cimahi, harus ada pemenuhan hak mereka sesuai," ujarnya saat ditemui di Kantur DPRD Kota Cimahi Jalan Dra. Djulaeha Karmita Kota Cimahi, Selasa (13/3/2018).

Menurut Enang, terdapat 25 hak bagi penyandang difabel yang harus terpenuhi. Misalnya, infrastruktur di jalan harus difasilitasi sesuai kebutuhan warga difabel, di taman atau ruang terbuka hijau ada sarana prasarana penunjang, angkutan umum bisa mengangkut mereka tanpa kesulitan.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kota Cimahi, jumlah penyandang disabilitas dewasa 1.165, sementara kategori penyandang disabilitas anak mencapai 271.

Diakui Enang, Pemerintah Kota Cimahi sudah mengupayakan beberapa hak disabilitas seperti layanan yang sudah diberikan diantaranya dari Dinas Sosial seperti fasilitasi bantuan kaki palsu, alat bantu dengar. Namun, hal itu belum optimal.

"Cimahi sudah ada perda Ketenagakerjaan, di aturan sudah jelas perusahaan harus menerima minimal 2 persen tenaga kerja difabel, bagaimana penerapan di lapangan dan pengawasannya," imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar mengatakan, kebutuhan bagi para penyandang disabilitas sudah direncanakan sejak lama.

Menurutnya, melalui Dinas Sosial, pihaknya tengah menginventarisir kebutuhan-kebutuhan bagi penyandang disabilitas.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terpenuhi," kata Benny.

Diklaimnya, Pemerintah Kota Cimahi akan konsen untuk mengakomodir kebutuhan bagi penyandang disabilitas. "Pak Wali sudah menghimbau, tolong kira-kira yang dibutuhkan masyarakat berkebutuhan khusus apa saja," ucapnya.

Baca Lainnya