Rabu, 16 Agustus 2023 13:11

Empat Hari Brigade Pengendali Karhutla Ketapang Mencoba Padamkan Api

Penulis : Halomoan Aritonang

Limawaktu.id, Ketapang – Tibanya musim kemarau mulai menimbulkan dampak yang terjadi dilingkungan masyarakat. Buktinya, dikawasan hutan sudah terjadi kebakaran, seperti yang terkadi di Desa Pelang dan Desa Sungai Besar Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.

Trejadinya kebakaran hutan itu menggerakan Kuswadi, SP, Kepala UPT KPH Ketapang Selatan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan di dampingi Satu Stap KPH, Marthen Dadiara melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran lahan di Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan sekira pukul 15.00 waktu setempat

Kuswadi menerangkan, kedatangannya ke tempat kejadian guna meninjau  tim Brigade Pengendali Kebakaran Hutan dan Lahan dari UPT KPH yang ia nakhodai yang sudah empat hari melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan

"Tim BRIDALKARHUTLA UPT KPH sebanyak 10 orang telah beberapa hari ini bekerja, berjuang padamkan api di wilayah desa Sungai Besar ini"  terang Kuswadi, Rabu (16/8/2023).

Kuswadi menyampaikan endala kendala di lapangan selama bridalkarhutla bekerja, senada dengan yang disampaikan oleh Kapolsek Matan Hilir Selatan Polres Ketapang IPDA Meinardus Yudiansyah, S.H,M.H diantaranya, "kurangnya ketersediaan air untuk pemadaman dan hal beberapa hal teknis lainnya".

Meinardus menjelaskan, pihak pihak yang turut bekerja dalam pemadaman api diantaranya  TNI, POLRI, UPT KPH, BPBD Ketapang,, Manggala Agni, Pihak Pemerintahan Desa, dan lainnya.

Kuswadi dan Meinardus diakhir pernyataan masing masing sampaikan harapan kiranya turun hujan guna mempercepat pemadaman kebakaran ini.

 

Baca Lainnya