Kamis, 22 April 2021 16:01

Emil Resmikan Hibah Dua Flyover di Kota Bandung

Reporter : Wawan Gunawan
GUbernur Jawa Barat  Ridwan Kamil didsmpingi Wali Kota Bandung  bersama Kapolres dan Dandim meresmikan dua proyek fly over di Kota Bandung,Kamis (22/4/2021)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didsmpingi Wali Kota Bandung bersama Kapolres dan Dandim meresmikan dua proyek fly over di Kota Bandung,Kamis (22/4/2021) [Istimewa]

Limawaktu.id,- Meski sudah mulai digunakan sejak beberapa waktu lalu, flyover Laswi dan Flyover Supratman atau Jalan Jakarta baru diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada hari ini, Kamis (22/4/2021). Dua flyover yang ada di Kota Bandung ini merupakan Hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Kota Bandung.

Dua flyover tersebut dibangun  selama dua tahun lebih. Pembangunan tahap pertama berlangsung pada 2019. Namun memasuki awal 2020 pemerintah terkendala pembiayaan akibat diterpa pandemi Covid-19 sehingga pembangunan sempat terhenti. Proyek pembangunan kedua flyover dilanjutkan kembali pada pertengahan 2020. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, di Kota Bandung akan ada beberapa pekerjaan yang sifatnya infrastruktur jalan. Satu, jalan layang dari Samsat, Jalan Soekarno-Hatta sampai perempatan Jalan Buahbatu.

"Proyek ini sedang dikondisikan (dibahas) dengan pemerintah pusat," kata Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar.

Proyek infrstruktur jalan kedua, ujar Kang Emil, MS link tol yang juga sedang dalam pembahasan antara Pemprov Jabar dengan pemerintah pusat. "Semua (proyek infrastruktur jalan) semata-mata, memang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran lalu lintas. (Kemacetan lalu lintas) tidak bisa dihindari seiring kemajuan Kota Bandung dan pariwisata yang semakin ramai," ujar Kang Emil.

Sementara, Wali Kota Bandung Oded M Danial berterimakasih kepada Pemprov Jawa Barat yang sudah memberikan hibah kepada Pemkot Bandung.

“Alhamdulillah, sudah diresmikan flyover Jalan Laswi dan Jalan Jakarta Supratman. Kolaborasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung,” kata Oded.

 Menurut dia, Pemerintah dan warga Bandung sebagai penerima manfaat semoga bisa maksimal merawat, selanjutnya kita rancang dan upayakan lagi rencana pembangunan sarana dan prasarana jalan sebagai upaya menuntaskan kemacetan kota yang terus berkembang.

“Selamat melintas, selamat beraktivitas,” ungkap Oded.  

Baca Lainnya