Jumat, 26 Februari 2021 11:48

Emil Miris Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan se Asia Tenggara

Reporter : Wawan Gunawan
Gubernuir Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernuir Jawa Barat Ridwan Kamil [Istimewa]

Limawaktu.id, - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku miris atas perilaku para netizen di Indonesia. Pasalnya, berdasarkan hasil survey yang dilakukan Microsoft, netizen Indonesia merupakan yang paling tidak sopan se Asia Tenggara.

 “Netizen paling tidak sopan se Asia Tenggara adalah netizen Indonesia. Itu hasil survey oleh Microsoft,” ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil, Jum’at (26/2/2021).

 Menurut Emil, netizen Indonesia dinilai banyak membuli dan galak di medsos. Pas ketemu seolah paling sopan dan santun. Atau pas ditangkap karena nyebar hoaks, menangis dan minta maaf tersedu-sedu.

 “Apalagi kalau   membaca kualitas komen-komen di berita-berita online. Level kasarnya luar biasa,” katanya.

 Dia mengajak kepada netizen di Indonesia untuk santun dalam interaksi tatapmuka, santun pula dalam interaksi virtual. Kecuali generasi medsos mau mengubah image Indonesia bangsa yang ramah menjadi bangsa yang kasar di dunia.

 “Semoga saja hal ini  tidak terjadi,” pungkas Emil.

 Dikutip dari CNN Indonesia, Microsoft mengumumkan tingkat kesopanan pengguna internet sepanjang 2020. Dalam laporan berjudul 'Digital Civility Index (DCI)', Indonesia berada di urutan ke-29 dari 32 negara untuk tingkat kesopanan netizen se-Asia Tenggara. Laporan itu berdasarkan survei yang diikuti oleh 16.000 responden di 32 negara. Sistem penilaian laporan tersebut berkisar dari skala nol hingga 100. Semakin tinggi skor maka semakin rendah kesopanan daring di negara tersebut.

Skor kesopanan daring di Indonesia sendiri naik delapan poin, dari 67 pada tahun 2019 menjadi 76 pada tahun 2020. Microsoft menyampaikan ada 503 responden remaja dan dewasa yang terlibat dalam survei tersebut. Penelitian dilakukan mulai April dan Mei 2020. Survei itu merupakan upaya mempromosikan interaksi online yang lebih aman, lebih sehat, dan lebih saling menghormati.

 

Baca Lainnya

Topik Populer