Jumat, 24 November 2017 21:13

Eksistensi Radio Komunitas Masih Belum Diakui

Reporter : Jumadi Kusuma
Puluhan pegiat Rakom se-Bandung Barat mengikuti Sosialisasi Desiminasi Informasi.
Puluhan pegiat Rakom se-Bandung Barat mengikuti Sosialisasi Desiminasi Informasi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Keberadaan Radio komunitas (rakom) sebagai media informasi publik masih belum diakui ekistensinya oleh masyarakat Bandung Barat. Hal itu disampaikan Muhammad Saipul Rohman, Koordinator Bidang Infrastruktur Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat pada acara Sosialisasi Radio Komunitas Tahun Anggaran 2017, bertempat di Wisata Kuda Pakuhaji Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Jumat (24/11).

Menurut Saipul yang hadir sebagai narasumber mengatakan, kegiatan Sosialisasi oleh Pemda Bandung Barat merupakan sebuah langkah kongkrit untuk mengarahkan dan mensupport keberadaan radio-radio komunitas di KBB yang memang banyak tapi belum diakui oleh masyarakat, "Berdasarkan Data KPID rakom yang sudah pernah memproses itu sepuluh rakom dan yang sudah mendapat persetujuan lima rakom di KBB, diharapkan melalui acara ini bisa mengurus izin sesuai dengan prosedur,” terangnya.

Adapun kendalanya adalah kurang sosialisasi, "Soal frekuensi rakom 107,7 sampai 107,9 itu menyulitkan jika pemohon dari sisi jarak berdekatan, ada kendala aturan teknis di frekuensi, terkait Peran Pemda adalah untuk pengesahan akta badan hukum perkumpulan bisa oleh Diskominfo, Pengadilan, atau Kesbang. Harus ada koordinasi di daerah masing-masing dan bersinergi antara Pemda dan Rakom yang ujungnya sosialisasi informasi ke masyarakat", terang Saipul.

Sementara itu Kepala Diskominfo KBB Ludi Awaludin menyatakan, kegiatan sosialisasi bertujuan untuk silaturahmi dengan berbagai elemen media, "Ternyata di KBB ada salah satu stakeholder yang perlu bersinergis seperti Rakom sebagai sarana media yang strategis di era digital yang harus dipelihara untuk sosialisasi informasi ke masyarakat yang perannya hampir sama dengan media cetak dan online," jelasnya.

Sosialisasi yang mengambil tema Desiminasi Informasi dengan Media Radio Komunitas untuk Bandung Barat Cermat Tahun Anggaran 2017 tersebut diselenggarakan oleh Diskominfo KBB dihadiri oleh puluhan pegiat rakom se-Bandung Barat. (jk)

Baca Lainnya

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Ummmm

24 November 2017 22:11 Balas