Selasa, 12 September 2023 15:14

Eks Mahaiswa Ikatan Dinas di Ceko Segera Memperoleh Visa Multiple Untuk Berkunjung ke Indonesia

Penulis : Bubun Munawar
Pepicek (Perhimpunan Pelajar Indonesia di Cekoslovakia) tiga generasi, dari senior - dewasa - hingga cucu-cucu menggelar reuni akbar di KBRI Ceko, (6/9/2023).
Pepicek (Perhimpunan Pelajar Indonesia di Cekoslovakia) tiga generasi, dari senior - dewasa - hingga cucu-cucu menggelar reuni akbar di KBRI Ceko, (6/9/2023). [Instagram@mohmahfudmd]

Limawaktu,id, Ceko  – Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko Kenssy D Ekaningsih mengungkapkan rasa gembiranya. Pasalnya KBRI di Ceko  bisa menjadi tuan rumah acara "Reuni Akbar Pepicek - Napak Tilas"  6 September 2023 yang lalu.

“Sebuah pertemuan Pepicek (Perhimpunan Pelajar Indonesia di Cekoslovakia) tiga generasi, dari senior - dewasa - hingga cucu-cucu. Pepicek senior yang umumnya mantan Mahasiswa Ikatan Dinas  (Mahid) berbagi cerita tentang pengalaman masa lalu, upaya untuk bisa bertahan di negeri orang, dengan terus memupuk cinta pada Indonesia,” ungkap Kenssy, seperti diungkapkan Menkopolhukam Mahfud MD, dalam akun instagramnya, Senin (11/9/2023).

Menurutnya, Silvana Wasitova dan  Karolina Straus Idris yang memandu seluruh acara menambah pertemuan semakin semarak. Ditambah dengan suara emas para mantan Mahid: Pak Rony Marton dan Widya FahmaAni Sykorova Sambal Band, Dubes Leo Tobing  dan lain-lain  yang menyanyikan lagu-lagu  Indonesia, membuat dirinya yang saat ini sedang di Ceko serasa berada di tanah air.

Dikatakannya, yang  tak kalah penting, para eks Mahid yang umumnya sudah menyampaikan dokumen kepada KBRI di Ceko, akan segera memperoleh visa multiple untuk berkunjung ke Indonesia.

“Saya gembira mendapat kabar dr Dubes RI utk Republik Ceko, Ibu Kenssy D Ekaningsih bahwa para eks mahasiswa ikatan dinas (Mahid) yg tempo hari kami temui dan dialog bersama di Praha, pekan ini kembali berkumpul di Wisma Duta KBRI,” ungkap Mahfud MD.

Kali ini mereka hadir utk Reuni Akbar atas undangan ibu Dubes. Reuninya akbar, karena yg hadir berombongan, bersama anak dan cucu-cucu. Di foto pertama ini, para mahid sbg generasi pertama yg duduk di kursi, berdiri di belakang generasi kedua, generasi ketiga yg duduk melantai.

“Alangkah bahagianya apalagi, sebagian besar dari mereka sudah mengajukan visa multiple visit ke KBRI untuk selanjutnya mendapat fasilitas kemudahan ke Indonesia dari pemerintah, setelah sekian lama tak kembali ke tanah air,” pungkas Mahfud.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer