Sabtu, 23 September 2017 17:17

E-Toll Card Tak Menjamin Atasi Kemacetan

Ditulis Oleh Fery Bangkit 
Pengguna Jalan Tol Menggunakan E-Toll
Pengguna Jalan Tol Menggunakan E-Toll [limawaktu dok]

Limawaktu.id, - Anggota Komisi III DPRD Kota Cimahi, Robin Sihombing, sangsi kebijakan penggunaan transaksi non tunai menggunakan Elektronik Toll Card (E-Toll Card) akan memperlancar proses transaksi dan arus lalu lintas di jalan tol.

“Kalau dikatakan langkah tepat dalam mengurai kemacetan juga tidak. Saya malah gak yakin, kita meragukan solusi dengan E-Toll,” ujar Robin saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (23/9/2017).

Selain itu, kata Robin, kebijakan transaksi non tunai di jalan tol belum tentu juga menjamin kenyamanan bagi para pengguna jalan tol.

Menurutnya, jika kebijakan penggunaan transaksi non tunai hanya sebatas untuk penyederhanaan saja, lebih baik tidak menggunakan E-Toll Card.

Diberitakan sebelumnya, mulai September 2017, seluruh ruas Jalan Tol Purbaleunyi akan menghentikan transaksi tunai. Sebagai penggantinya, Jasa Marga telah menyiapkan transaksi non tunai menggunakan E-Toll Card. Pada Jum'at (22/9/2017), Tol Baros I, Cimahi mendapat giliran pertama dalam pemberlakuan transaksi E-Toll Card.

Selanjutnya, giliran Tol Sadang akan dimulai (26/9), Tol Mohammad Toha (29/9), Tol Buah Batu (12/10), Tol Kopo (17/10), Tol Pasir Koja (18/10), Tol Baros II (19/10), Pasteur (24/10), Padalarang (25/10), Jatiluhur (26/10), dan Cileunyi (9/10).

"Jalan Tol Purbaleunyi 100 persen hanya melayani transaksi non tunai," ujar Reza Febriano, General Manager (GM) Purbaleunyi, Jum'at (22/9/2017).

Dia mengklaim, mayoritas pengendara sudah memiliki E-Toll Card, dan hanya beberapa saja yang membeli kartu transaksi non tunai.

"Hanya beberapa persen saja yang langsung membeli dan sekitar 1 persen yang masih belum tahu atau tidak mempunyai E-Toll Card dan gak bawa uang untuk membeli ditempat, sehingga harus memutar balik," katanya.

Menurutnya, dengan transaksi non tunai ini, durasi yang dihabiskan saat di gerbang tol akan semakin singkat.

"Yang sebelumnya 5 sampai 6 detik, dengan penggunaan E-Toll Card hanya membutuhkan 2 sampai 3 detik saja, maka otomatis akan mempercepat antrean," tandasnya.

Sekedar informasi, jika pengguna jalan tol ingin memiliki E-Toll Card, cukup mendatangi gerai-gerai terdekat saja.

Sementara untuk pengisian saldo top up, sudah tersedia di rest area dan gerai, serta bank-bank yang sudah menjalin kerjasama. (kit)*