Selasa, 20 Desember 2022 14:33

Duta Genre Harus Menjadi Role Model bagi Remaja Lain

Reporter : Bubun Munawar
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan berfoto bersama Duta Genre Kota Cimahi, Selasa (20/12/2022)
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan berfoto bersama Duta Genre Kota Cimahi, Selasa (20/12/2022) [Humas]

Limawaktu.id,- Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Cimahi diharapkan mampu menjadi role model bagi remaja sebayanya. Sehingga dapat ikut meningkatkan peran remaja turut mewujudkan pembangunan masyarakat di Kota Cimahi.

"Kegiatan pemilihan Duta Genre tingkat Kota Cimahi ini bukan hanya agenda seremonial semata, melainkan strategi jitu untuk mengarahkan remaja ke arah kegiatan yang lebih positif," ujarnya, Selasa (20/12/2022).

Menurut Dikdik, kegiatan ini sebagai wadah untuk mengembangkan dan mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. "Terutama, dengan mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa khususnya pembangunan di Kota Cimahi kelak," katanya.

Dia menyebutkan, Hasil proyeksi penduduk Indonesia tahun 2010 – 2035 mencapai 66,3 juta jiwa atau sekitar 25,6 persen dari total jumlah penduduk indonesia artinya satu diantara setiap orang indonesia adalah remaja.  Jumlah remaja yang besar ini akan menjadi aset yang luar biasa bagi bangsa, apabila dikelola dengan baik khususnya dalam menghadapi puncak bonus demografi pada tahun 2028 – 2031 mendatang.

"Pemerintah harus menyiapkan generasi muda yang berkualitas, cerdas, komprehensif, produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosial, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya. Remaja saat ini akan menjadi bagian dari generasi emas indonesia khususnya di Kota Cimahi untuk masa yang akan datang," tuturnya.

Dalam rangka merespon permasalahan remaja di masa global, BKKBN mengembangkan program Generasi Berencana (genre) dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan. Sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi sebagai outcome dari pembinaan  ketahanan remaja.

"Selamat kepada anak-anakku yang telah terpilih menjadi pemenang lomba Duta Genre Kota Cimahi 2022,  selamat menjalankan peran dan fungsinya dan jadilah figur pemuda/pemudi terpercaya, berhati terang, berakhlak mulia yang amanah dalam menjalankan tugas ke depan serta tidak lelah menggali ilmu sebagai perpanjangan tangan BKKBN dalam penyampaian pesan program bangga kencana kepada teman sebayanya. Jangan pernah lelah menggali ilmu dan sampaikan di tengah lingkungan remaja dan dedikasikan diri untuk Kota Cimahi dengan penuh semangat serta keikhlasan," tuturnya

Baca Lainnya