Selasa, 24 Juli 2018 15:01

Dukung Program Jokowi, Lahan 6 Hektare di KBB Disulap jadi Hunian Murah

Reporter : Fery Bangkit 
Salah Seorang Warga Tengah Melihat Hunian Rumah Bersubsidi di Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (24/7/2018).
Salah Seorang Warga Tengah Melihat Hunian Rumah Bersubsidi di Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (24/7/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Luas lahan sekitar 6 hektare di Jln. Cireundeu, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan disulap menjadi hunian murah bagi masyarakat.

Luas yang tepat berada di belakang Kota Baru Parahyangan itu nantinya berdiri sekitar 387 unit rumah murah bersubsidi. Program rumah murah bersubsidi itu dibangun dinamakan 'Bentang Residence Village'.

Direktur Utama PT Betang Anugerah Abadi Developer, Raimerty mengatakan, lahan seluas 6 hektare yang akan dibangun hunian murah itu sudah melalui proses izin dari pemerintah setempat.

"Izin sudah. Kita gak berani bangun kalau belum keluar izin," katanya saat ditemui usai akad kepada 19 user KPR 'Bentang Residence Village', Selasa (24/7/2018).

Ditegaskannya, jauh sebelum pembebasan lahan dan pembangunan dimulai, pihaknya sudah mengajukan berbagai izin yang disyaratkan pemerintah setempat.

Raimerty melanjutkan, pembangunan hunian murah ini dikhususkan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke bawah atau maksimal gaji Rp4.000.000/bulan. Selain itu, program ini dibangun untuk mendukung program Sejuta Rumah milik Presiden Joko Widodo.

Sejak pertama dibangun, kata dia, pihaknya sudah akad dengan 70 user KPR, dari total 387 unit rumah. Dengan harga yang disubsidi, pihaknya yakin seluruh unit akan bisa menyasar warga yang berhak.

"Untuk rumah bersubsidi ini, cicilannya sesuai aturan pemerintan itu Rp 800 ribu/bulan," tandasnya.

Di tempat sama, Kepala Bidang perumahan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman KBB, Deni Junaedi menambahkan, proses perizinan kawasan hunian milik PT Betang Anugerah Abadi Developer sudah sesuau syarat teknis yang diatur pemerintah.

"Perizinan mudah dengan catatan ikuti syarat teknis yang diberikan," katanya.

Baca Lainnya