Kamis, 22 Juni 2023 15:24

Dukung Ketahanan Pangan Kodim 0612/Tasikmalaya Ajak Petani Tanam Jagung di Lahan TIdur

Reporter : Bubun Munawar
Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., melaksanakan Sosialisasi Penanaman Jagung pada lahan tidur di Aula Bale Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.
Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., melaksanakan Sosialisasi Penanaman Jagung pada lahan tidur di Aula Bale Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. [Pendam III/Siliwangi]

Limawaktu.id, - Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., melaksanakan Sosialisasi Penanaman Jagung pada lahan tidur di Aula Bale Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.  Hadir dalam kegiatan sosialisasi para Babinsa  Kodim 0612/Tsm, Kepala Desa dan Perangkatnya, BPD serta Masyarakat Calon Penggarap.

Demikian disampaikan Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., dalam keterangan pers yang diterima Limawaktu.id, Kamis (22/06/2023).

Dandim mengucapkan terima kasih kepada warga calon penggarap lahan untuk uji coba ketahanan pangan program Provinsi Jabar.

“Semoga program ini dapat berhasil dengan baik. Apabila ada permasalahan agar dikoordinasikan dengan Koramil untuk diberikan solusi. Bahkan jika memang belum bisa ditangani dari Kodim akan turun langsung,” terangnya.

Menurutnya, Penanaman jagung dilakukan pada lahan tidur lahan milik masyarakat, sedangkan pemerintah akan menyiapkan bibit dan pupuk.

“Tanah yang akan di garap adalah lahan perorangan warga, untuk pupuk didukung oleh Kodam III/Slw yaitu Bios 44 DC, untuk bibit di dukung oleh PT. Arya sedangkan untuk penjualan hasil panen akan diterima oleh PT. Spasi,” katanya.

Untuk mengurangi beban biaya produksi oleh petani, Kodim akan menurunkan anggota di tiap Koramil wilayah terdekat untuk membantu para petani.

Selain ketahanan pangan, program selanjutnya yang akan diproyeksikan di Desa Padawaras adalah pembangunan jembatan dan jalan.

“Kondisi Kabupaten Tasikmalaya berbeda dengan daerah lain, karena PAD-nya cukup kecil sehingga untuk program pembangunan di wilayah harus di carikan solusi secara kolaboratif”, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Dandim juga melaksanakan peninjauan di lapangan dan memberikan paket sembako kepada masyarakat sekitar.

 

Baca Lainnya