Sabtu, 17 November 2018 12:43

Dua Tahun Berlalu, Kendaraan Damkar Roda Tiga di Cimahi Cuma 'Mejeng' di Kelurahan?

Reporter : Fery Bangkit 
Kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) roda tiga terparkir di 15 kelurahan se-Kota Cimahi.
Kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) roda tiga terparkir di 15 kelurahan se-Kota Cimahi. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Hampir dua tahun, kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) roda tiga terparkir di 15 kelurahan se-Kota Cimahi.

Pengadaan kendaraan Damkar roda tiga itu dilakukan Pemerintah Kota Cimahi tahun 2016 atau era kepemimpinan Atty Suharti-Sudiarto sebagai Wali dan Wali Wali Kota Cimahi. Kendaraan itu khusus untuk menangani kendaraan di pemukiman padat atau gang rumah warga.

Baca Juga : Kok Puluhan Sarang Lebah Dibius, ini Penjelasan Damkar Kota Cimahi

Namun, dua tahun berlalu, sepertinya kendaraan itu hanya terpakir saja di kelurahan, meski pemeliharaan terus dilakukan.

Seperti yang diungkapkan Lurah Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Muhammad Nur Efendi. Menurut informasi yang didapatnya, kendaraan Damkar roda tiga itu memang belum pernah digunakan untuk menangani kebakaran.

Baca Juga : Kok, Evakuasi Tawon Sukanya Malam, ini Penjelasan Petugas!

"Setahu saya belum pernah keluar ada kejadian. Untuk mobil Damkar (Damkar roda tiga) sampai sekarang belum (digunakan)," ujarnya saat ditemui di Kelurahan Karangmekar, Jln. Lurah, belum lama ini.

Dikatakannya, khusus di Kelurahan Karangmekar, selama ini tidak disediakan Sumber Daya Manusia (SDM) khusus untuk mengoperasikan kendaraan Damkar itu. "Petugasnya tidak ada. Jadi motor ada ditaroh di kelurahan," kata dia.

Menurut dia, untuk memaksimalkan kendaraan roda tiga itu, seharusnya ada pelatihan khusus terhadap SDM. Sebab, sangat disayangkan apabila aset itu dibiarkan begitu saja.

"Harusnya ada pelimpahan SDM-nya," tandasnya.

Baca Lainnya