Selasa, 24 September 2019 14:06

Dua Tahun Aktif, Menristekdikti Baru Resmikan Technopark Cimahi Tahun ini

Penulis : Fery Bangkit 
Peresmian Technopark Cimahi oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir
Peresmian Technopark Cimahi oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir meresmikan Cimahi Techno Park (CTP) dan Industry Gathering 2019 di CTP, Jalan Raya Baros, Kota Cimahi, Selasa (24/9/2019).

Dalam peresmian tersebut, hadir juga Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana serta unsur pejabat dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Seperti dari Kementerian Perindustrian dan Badan Ekonomo Kreatif.

Peresmian Technopark Cimahi oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir

Dalam kesempatan itu, Mohamad Nasir menyampaikan apresiasinya terhadap keberlangsungan CTP. Menurutnya, berjalannya konsep yang diusung CTP bisa menjadi contoh bagi daerah lain yang juga masuk percontohan pembangunan techno park.

"Di Cimahi dikatakan konsentrasi pada animasi. Mungkin perlu lagi technopark di tempat lain di bidang lain, bidang pangan, kesehatan, manufaktur. Ini penting sekali supaya Indoensia tumbuh dengan baik, tidak hanya pada hiburan saja tapi bagaimana ekonomi bisa tumbuh," katanya usai peresmian.

Techno park merupakan program kabinet Presiden Joko Widodo yang mulai digarap tahun 2015. Saat ini, pemerintah pusat menargetkan ada 100 technopark yang terbangun. Namun, seiring akan habisnya kabinet Jokowi-Jusuf Kalla, target itu ternyata belum terealisasi.

Menurut Nasir, dari 100 techno park yang ditargetkan, hanya ada belasan saja yang dianggap berjalan sesuai konsep daerahnya. "Yang berdiri ada sekitar 12-17. Ini yang saya anggap sudah bagus," ujarnya.

Khusus techno park di Kota Cimahi, itu mulai digarap tahun 2015 dengan desain berukuran 5.627 meter persegi. Setahun kemudian, tepatnya 2016 pembangunan fisik dimulai dengan menggerus Lapangan Krida yang terletak di belakang kantor Kecamatan Cimahi Selatan. Anggaran yang digunakan untuk pembangunan CTP mencapai Rp 32 miliar. Kemudian Pemkot Cimahi menggelar soft launching pada Oktober 2016. CTP baru bisa digunakan Maret 2017.

Cimahi Techno Park diproyeksikan menjadi pusat pengembangan para pelaku ekonomi lokal berbasis ekonomi kreatif. Salah satu tujuan utamanya adalah meningkatkan kompetensi, kualitas sumber daya manusia serta daya saing produk dari para pelaku UMKM serta para start up yang nantinya akan didampingi secara intensif melalui dua program utama yakni inkubator dan akselerasi.

Baca Lainnya