Selasa, 25 Oktober 2022 22:32

Dua Desa di Jawa Barat Raih Juara GTTG Nusantara 2022

Reporter : Iman Nurdin
Dua Desa di Jawa Barat meraih penghargaan sebagai desa berprestasi dalam teknologi.
Dua Desa di Jawa Barat meraih penghargaan sebagai desa berprestasi dalam teknologi. [istimewa]

Bandung (limawaktu.id),- Dua Desa di Jawa Barat berhasil meraih juara dalam Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-XXIII 2022, di Ballroom Aston Hotel & Convention Center, Cirebon, Jawa Barat. Dua perwakilan Jawa Barat menempati tempat terbaik pada Lomba TTG yang diumumkan pada pertengahan acara pembukaan.

Pada kategori Posyantek Desa Berprestasi, Posyantek Desa Mandiri Jaya dari Kabupaten Subang meraih Juara I. Sedangkan teknologi tepat guna unggulan dari Kabupaten Sumedang menjadi juara favorit.

Dalam sambutan pada acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar menilai penting pembangunan desa ini. Terlebih jika dengan menerapkan teknologi yang tepat guna.

"Undang-Undang Desa menyebutkan Teknologi Tepat Guna sebanyak empat kali. Artinya betapa pentingnya Teknologi Tepat Guna dalam pembangunan desa," kata Abdul Halim seperti dalam siaran pers, Selasa (25/10).

Dalam undang-undang desa tersebut, menurutnya hal itu tercantum dalam Pasal 26 ayat 2, Pasal 80 ayat 4, Pasal 83 ayat 3, dan Pasal 112 ayat 3. "Selain itu, teknologi tepat guna disematkan pada poin sembilan pada SDG’s Desa bersama infrastruktur dan inovasi desa yang sesuai kebutuhan. Aneka inovasi yang dipamerkan dapat diterapkan dan dimanfaatkan dalam mendukung produktivitas masyarakat menuju kemandirian desa," katanya. Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Menteri Desa, Sekjen Kemendesa beserta sejumlah pejabat lainnya, juga para gubernur/bupati/walikota dari seluruh Indonesia.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer