Senin, 27 November 2017 13:18

Dramatic Reading di Alam Wisata Cimahi

Reporter : Muhammad Ankawijaya
Narator dan aktor  melakukan aksi teatrikalnya.
Narator dan aktor melakukan aksi teatrikalnya. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Sebuah pertunjukan Dramatic Reading puisi “Khotbah” karya W.S. Rendra telah selesai digelar di auditorium Alam Wisata Cimahi, Sabtu (25/11/2017).

Dede Syarif, pimpinan produksi pertunjukan mengatakan bahwa Pertunjukan Dramatic Reading ini merupakan bagian dari kegiatan Gelar Seni Budaya Kota Cimahi yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Pemkot Cimahi.

Hebatnya, pertunjukan itu pun hanya dipersiapkan dalam tiga kali latihan.

“Syukurlah teman-teman di Visi Sinema Pro (rumah produksi pimpinan Dede/-red) sudah memahami puisi “Khotbah”. Jadi, mereka tak begitu kesulitan dalam menerjemahkan puisi tersebut ke dalam bentuk seni pertunjukan,” ungkap Dede.

Pertunjukan dramatisasi puisi sendiri berlangsung menarik. Para pemain melakukan gerak teaterikal sesuai isi puisi yang dibaca narator. Mereka sesekali berteriak menimpali sang narator. Mereka melakukan tarian-tarian teaterikal. Klimaksnya sungguh membuat penonton terpana tatkala menyaksikan adegan kesebelas pria dan wanita itu menyeret-nyeret si tokoh pengkhotbah (pria berjubah hitam). Mereka mencabik-cabik tubuh si pengkhotbah, lalu memakannya dengan beringas.

Narator pun terus membaca puisi hingga tuntas. Para pemain turun dari panggung, berderet menghadap penonton sambil membungkukkan badan membaeri hormat. Tepuk tangan penonton riuh menggema di seisi ruangan. Sesekali terdengar suitan-suitan dan pekik kekaguman dari mulut penonton. (anka)*