Rabu, 6 Oktober 2021 18:35

DPRD Kota Cimahi Desak PT. Nindya Karya Tuntaskan Masalah di Lapangan

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Dampak yang ditimbulkan pada proyek pembangunan Underpass Sriwijaya menjadi fokus pembahasan antara Komisi III DPRD Kota Cimahi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Cimahi, warga sekitar lokasi proyek dan pihak PT. Nindya Karya selaku pelaksana proyek pembangunan Underpass Sriwijaya.

Hal itu terlihat saat dialkukan pemanggilan oleh Komisi III DPRD Kota Cimahi kepada SOPD terkait serta PT. Nindya Karya, yang berlangsung di Ruang Komisi III DPRD Cimahi, Rabu (6/10/2021).

Ketua Komisi III DPRD Kota Cimahi Yus Rusnaya mengungkapkan ada empat hal pokok yang harus segera dituntaskan oleh pelaksana proyek Underpass tersebut. Keempat permasalahan tersebut yaitu soal banjir, dampak lingkungan, lalulintas serta koordinasi yang baik dengan berbagai pihak.

“Koordinasi harus berjalan dan persoalan yang muncul harus diselesaikan segera,  sebab selain persoalan banjir, ada juga kendaraan yang tertimpa. Jangan sampai ketika ada masalah baru kami dari Komisi III yang menyelesaikan,” terang Yus, usai memimpin pertemuan dengan PT. Nindya Karya dan SOPD terkait.

Dikatakannya, dewan juga meminta DPKP atau PUPR untuk segera melakukan langkah agar persoalan banjir ini segera tertangani  dengan baik, tak hanya dilakukan di lokasi proyek Underpass tetapi juga ditempat lainnya jangan sampai disekitar proyek selesai tapi ada persoalan lain ditempat lain.  

Menanggapi hal itu, Makajemen PT. Nindya Karya Dhany Firmansyah menjelaskan, terkait dengan surat tentang penutupan jalan, hal itu merupakan pemberitahuan kepada pihak kelurahan. Karena pihaknya tak memiliki keweanangan untuk melakukan penutupan jalan.

“Kita sudah sampaikan klarifikasi kepada dewan soal surat tersebut, jika memang meresahkan akan kami Tarik kembali,” jelasnya.

Sedangkan soal banjir di lokasi proyek PT. Nindya Karya akan melakukan penanganan dengan segera agar banjir bisa diantisipasi secepatnya.

“Kita akan melakukan penanganan banjir bersama PUPR,” paparnya.

Sementara,Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Cimahi Nyoman Sukadana menyatakan, pembangunan Underpass Sriwijaya memberikan dampak positif bagi warga baik secara ekonomi maupun sosial maupun lalulinta ,tetapi jangan sampai terjadi ekses akibat pembangunan yang dilakukan.

“Dampak yang dialami warga sekitar proyek pasti ada tetapi sudah tidak menjadi masalah,” ungkapnya.  

Baca Lainnya