Rabu, 10 Oktober 2018 17:39

DPRD Dorong Penyegaran BUMD di Jawa Barat

Reporter : Iman Mulyono
Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari.
Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari. [Istimewa/limawaktu]

Limawaktu.id, Bandung - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat (DPRD Jabar) mendukung upaya penyegaran jajaran direksi yang terdapat di tubuh Bank Jabar Banten (BJB). Mengingat, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), BJB harus terus menggenjot performa di dunia perbankan.

Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari menyebut penyegaran yang dilakukan terhadap jajaran direksi di tubuh BJB dinilai tidak terlalu berlebihan. Sebab, upaya penyegaran tersebut diharapkan mampu mengakomodasi hadirnya putra-putri daerah di jajaran direksi BJB.

Baca Juga : Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Jabar Meninggal Dunia Saat Umrah di Tanah Suci

"Untuk menggenjot kinerja, saya kira layak juga untuk dilakukan penyegaran," kata Ineu di Bandung, Rabu (10/10).

Ineu mengungkapkan, tujuan didirikannya BJB adalah agar BUMD tersebut menjadi salah satu kebanggaan warga Jawa Barat. Dengan begitu, dirinya menyebut BJB tidak hanya berkontribusi terhadap perekonomian, melainkan juga dalam pendayagunaan putra daerah di dalamnya.

"Awal berdirinya BJB ini ingin membuat sebuah bank yang menjadi kebanggan orang Jawa Barat. Kenapa tidak orang Jawa Barat di direksi, yang jelas ini kan Bank Jabar," kata dia.

Dikatakan Ineu, dominasi putra-putri dari Jawa Barat dinilai tidak berlebihan karena bisa untuk menunjukkan identitas kedaerahan. Selain itu, pihaknya juga meminta supaya jenjang karir di BJB berjalan baik. Untuk itu, tidak ada salahnya jika jajaran direksi direkrut dari internal BJB.

"Ketika karirnya memiliki potensi, maka tidak menutup kemungkinan. Itu (direksi) dibuka dari internal sepanjang sesuai dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan aturan tidak dilanggar," kata dia.

Lebih jauh, Ineu menjelaskan, pembagian tugas antara gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dalam pengelolaan BUMD dinilai tepat. Sebab, pengeloaan BUMD memerlukan perhatian yang khusus. Sehingga, yang bertugas di dalamnya harus benar-benar konsentrasi

Maka dari itu, Ineu sangat mengapresiasi serta memuji kolaborasi yang dilakukan pimpinan di Pemprov Jabar dalam meningkatkan berbagai kinerja BUMD, termasuk perbankan seperti BJB agar memiliki kinerja yang semakin baik.

"Jadi kewenangannya diberikan setahun ke Pak Wagub, itu betul," kata dia. 

Baca Lainnya