Kamis, 15 Maret 2018 14:47

DPKP Kota Cimahi Minta Warga Jangan 'Cuek' Soal Taman

Reporter : Fery Bangkit 
Taman trotoar di Jalan Amir Mahmud.
Taman trotoar di Jalan Amir Mahmud. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi meminta masyarakat berperan aktif dalam menjaga taman dan dekorasi Kota Cimahi.

Permintaan itu dilontarkan pasca ditemukannya sejumlah akses taman dan dekorasi kota yang terdapat vandalisme atau coretan-coretan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Kepala Seksi Pertamanan dan Dekorasi DPKP Kota Cimahi, Mira Nurmeita Gantini mengatakan, menjaga taman merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat.

"Iya saya minta masyarakat jangan 'cuek'. Masyarakat yang sudah baik, agar menularkannya untuk pemberdayaan taman," imbuh Mira saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Raden Hardjakusumah, Kamis (15/3/2018).

Dikatakannya, pihak DPKP Kota Cimahi sendiri kerap melakukan pemeliharaan rutin setiap harinya. Termasuk penyiraman taman yang sudah dijadwalkan.

"Kita ada pemeliharaan rutin. Pemeliharaan taman mah tiap hari. Penyiraman 2 (dua) hari sekali," ujar Mira.

Sementara perihal pemeliharaan dekorasi dan material taman lainnya, lanjut Mira, itupun menjadi bagian dari rutinitas rutin pihaknya.

"Tiap hari keliling, mana yang harus dibenahi, tergantung kondisi. Kalau harus cat ya cat, ganti material, ya ganti," ucapnya.

Untuk pemeliharaan rutin sekitar 200 taman, baik taman trotoar, taman lingkungan dan sebagainya, DPKP Kota Cimahi mengerahkan sekitar 47 petugas.

Sedangkan untuk kendaraan operasional, pihaknya mengandalkan tujuh unit kendaraan roda tiga, tiga unit kendaraan penyiram dan dua kendaraan pick up.

Menurut Mira, jumlah kendaraan operasional dan petugas taman yang dimiliki saat ini masih cukup untuk melakukan pemeliharaan taman-taman yang ada.

"Kalau kendaraan dengan personel sampai saat ini ideal," tandasnya.