Sabtu, 13 Februari 2021 8:52

Dony Tinjau Rumah Tidak Layak Huni Milik Warga Sumedang

Reporter : Wawan Gunawan

Limawaktu.id,- Rumah milik Yani Yuningsih, 44 tahun, termasuk rumah tidak layak huni. Materialnya banyak yang sudah lapuk dan saat hujan lebat disertai angin Senin malam 8 Februari 2021 lalu, bagian dapurnya ambruk.


"Rumah ini dihuni tujuh orang terdiri dari dua keluarga. Penghuninya kebanyakan perempuan dan anak kecil. Ibu Yani tinggal bersama kedua adik perempuan, mereka single parent dan harus kerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-har," ungkap Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Sabtu (13/2/2021).

Dikatakannya, Pemkab Sumedang bersama BAZNas Sumedang menyalurkan bantuan stimulan untuk perbaikan rutilahu milik Ibu Yani, Jumat pagi tadi. Untuk tahun 2021 ini, Pemkab Sumedang akan memberbaiki rutilahu mencapai 3.000 rumah.

Dana untuk stimulan perbaikan Rutilahu ini berasal dari Banprov Jabar untuk 2.020 rutilahu, dari DAK 52 rutilahu dan dari APBD Sumedang sebanyak 146 rutilahu diperbaiki. Selain itu BAZNas juga mempunyai program bantuan rutilahu serta dari donatur atau CSR.

"Warga Sumedang juga punya kesempatan untuk ikut membantu memperbaiki rutilahu, salah satunya dengan menitipkan infak, sedekah dan zakat melalui BAZNas Sumedang," jelasnya.

Baca Lainnya