Rabu, 13 Oktober 2021 14:22

DLH Ajak Warga Antisipasi Dampak Perubahan Iklim

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi pemanasan global, Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, untuk meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi Achmad Nuryana mengungkapkan, menjaga kondisi lingkungan bukan hanya tugas pemerintah tetapi juga dibutuhkan partisipasi masyarakat sehingga bisa memahami bagaimana meminimalisir dampak dari pemanasan global yang terjadi.

"Kita memberikan edukasi kepada masyarakat di tingkat kelurahan maupun RW agar mampu mempertahankan kondisi lingkungan di wilayahnya masing-masing," ungkapnya, usai membuka kegiatan Edukasi Kampung Iklim di Balai Benih Ikan Air Tawar, pada Rabu (13/10/2021).

Kepala Dinas Lingkungan hidup Kota Cimahi Lilik Setyaningsih menyebutkan, ProKlim dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa.

"Para peserta yang ikut edukasi Kampung Iklim hari ini diberikan wawasan tentang bagaimana adaptasi dan mitigasi dalam menjaga lingkungan sekitarnya, seperti Kekeringan, Banjir dan Longsor, Mitigasi Pengelolaan Sampah dan lain-lain," sebutnya.

Salah seorang warga yang juga peserta Edukasi Kampung Iklim Asep Sukanda mengatakan, pihaknya terinspirasi dengan adanya edukasi yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pemerintah Kelurahan untuk menjaga lingkungan, khususnya di wilayah RW 19 Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan.

"Dengan arahan dari pihak kelurahan maupun DLH kami siap untuk mengimplementasikan Kampung Iklim," pungkasnya.

 

Baca Lainnya