Sabtu, 17 September 2022 20:36

Diusulkan jadi Pj Wali Kota Cimahi, Benny Ikut Mekanisme yang Berlaku

Reporter : Bubun Munawar
Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar menjadi salah satu yang diusulkan DPRD Cimahi sebagai Penjabat Wali Kota
Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar menjadi salah satu yang diusulkan DPRD Cimahi sebagai Penjabat Wali Kota [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Diusulkan DPRD Kota Cimahi sebagai  salah seorang kandidat Penjabat Wali Kota Cimahi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Benny Bachtiar mengungkapkan, dirinya mengikuti mekanisme terkait dengan penjabat wali kota tersebut . 

“ Saya ucapkan terima kasih atas pengusulan  oleh DPRD Kota Cimahi untuk  Pj Walikota Cimahi, tetapi semuanya saya serahkan pada mekasnismenya sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkap Benny saat dihubungi Limawaktu.id, Sabtu (17/9/2022).

Sebelum menjabat Kadisparbud Jabar  Benny Bachtiar pernah menjabat  Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar, dan lama mengabdi sebagai ASN di Pemkot Cimahi, dengan jabatan terakhir sebagai   Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi  dan sempat mengikuti lelang jabatan Sekda Kota Bandung.

Nama Benny Bachtiar muncul sebagai  salah satu dari tiga nama yang diusulkan oleh DPRD Kota Cimahi kepada Menteri Dalam Negeri sebagai salah satu calon penjabat Wali Kota Cimahi selain Dikdik S Nugrahawan  Sekda Kota Cimahi dan Hery Antasari, Kepala BKPSDM Provinsi Jawa Barat.    

Sementara, Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Zul yang juga anggota Fraksi PKS mengatakan,  tiga nama yang diusulkan sudah memenuhi syarat yang ditetapkan peraturan perundangan, diajukan oleh Fraksi-fraksi sebagai perwakilan masyarakat.

“Ketiga nama tersebut saya kenal baik, mereka  pernah di pemerintah kota Cimahi dan berkinerja bagus, buktinya sekarang mereka berada di posisi jabatan yang memenuhi syarat jadi Penjabat Walikota,” jelasnya.

Menurut Azul, sapaan akrabnya,  hal ini merupakan usulan dari DPRD Kota Cimahi, sementara pihaknya tidak tahu siapa nama yang diusulkan oleh Gubernur Jawa Barat.

“Karena, ini kan cuma usulan dari DPRD, terus kami juga nggak  punya kewenangan juga, setelah Mendagri menetapkan siapa yang ditunjuk,” tuturnya.

Sebelumnya, DPRD Kota Cimahi menerima surat dari Mendagri nomor 120/5142/SJ, tertanggal 31 Agustus 2022 yang substansi isinya menyatakan bahwa, DPRD Kota Cimahi dapat menyampaikan usulan tiga  nama calon Penjabat Walikota Cimahi yang akan menjadi bahan pertimbangan Mendagri dalam menetapkannya.

“Untuk menindaklanjuti surat tersebut,  DPRD Kota Cimahi meminta Fraksi-Fraksi untuk mengusulkan nama-nama calon PJ. Walikota dimaksud.  Kemudian, direkaplah nama-nama alon yang diajukan Fraksi-Fraksi dan diurutkan berdasarkan calon yg mendapatkan suara terbanyak,” ungkapnya, dalam siaran pers yang diterima Limawaktu.id, Jum’at (16/9/2022).

Baca Lainnya