Selasa, 10 Mei 2022 13:22

Ditinggalkan Wisatawan, Pantai Pangandaran Dipenuhi Sampah

Reporter : Bubun Munawar
Personel Gabungan Melakukan Aksi Bersih - Bersih Di Sepanjang Pantai Pangandaran
Personel Gabungan Melakukan Aksi Bersih - Bersih Di Sepanjang Pantai Pangandaran [Instagram]

Limawaktu.id,- Liburan lebaran sudah usai, berbagai tempat wisatapun sudah ditinggalkan para wisatawan yang mengisi liburan, seperti halnya terjadi di Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Namun, sangat disayangkan, Pantai Pangandaran dikotori sampah, ulah sebagian wisatawan yang membuang sampah sembarangan.

Hal itu, sempat mendapat sorotan dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

"Lebaran membawa rezeki untuk masyarakat Pangandaran .. saya pun senang ekonomi bergerak pulih .. Tapi makkkkk sampahnya," kata Susi Pudjiastuti di akun instagramnya.

Nah untuk kembali memberrsihkan sampah di Pantai Pangandaran, membuat ratusan personel gabungan melakukan aksi bersih - bersih di sepanjang pantai Pangandaran, Senin (9/5/2022).

Aksi bersih-bersih pantai Pangandaran ini adalah inisiasi dari Pamatwil Polres Pangandaran, Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol. Drs. Solichin yang didampingi Dir Pamobvit Polda Jabar Kombes Pol. M. Hidayat B, S.H., S.I.K., M.H. dan Dir Polair Polda Jabar Kombes Pol. Arnafi, S.H., S.I.K., M.HUM. serta Kapolres Pangandaran Polda Jabar AKBP Hidayat, S.H., S.I.K. bersama personel gabungan yang terdiri dari anggota Polres Pangandaran, Sat Polairud, TNI, TNI Angkatan Laut, Basarnas, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Jaga Lembur, dan stakeholder lainnya bersama masyarakat.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan,  bahwa bersih - bersih pantai merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian institusi Polri bersama instansi terkait terhadap lingkungan pesisir.

"Terima kasih kepada Karo SDM, Dir Pamobvit, Dir Polair serta Kapolres Pangandaran Polda Jabar yang telah menginisiasi aksi bersih - bersih ini, sehingga pantai pangandaran menjadi indah kembali." ucap Ibrahim Tompo.

Sedangkan Kapolres Pangandaran Polda Jabar AKBP  Hidayat mengatakan, di penghujung masa liburan hari raya idul fitri 1443 H tahun 2022, ada sekitar 300 personel gabungan bersama masyarakat melakukan bersih-bersih di pantai Pangandaran.

"Sambil memungut sampah di pantai, sekaligus memberikan edukasi kepada pengunjung wisata agar tidak membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah pada tempatnya yang sudah disediakan," katanya.

Sudah menjadi hal yang biasa terjadi ketika musim liburan panjang seperti liburan lebaran, objek wisata di Kab Pangandaran banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berdampak berlimpahnya sampah.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer