Kamis, 14 Januari 2021 11:28

Disuntik Vaksin COVID-19, Begini Perasaan para Pejabat di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 

Limawaktu.id - vaksin COVID-19 resmi disuntikan pertama kali di Kota Cimahi pada Kamis (14/1/2021) di Puskesmas Cimahi Tengah.

Secara simbolis vaksin produksi Sinovac itu diberikan kepada 10 orang perwakilan dari unsur Forkopimda Kota Cimahi. Dari mulai Plt Wali Kota Cimahi, Ketua DPRD, Dandim 0609/Cimahi dan yang lainnya.

Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana berkesempatan untuk diberikan vaksin pertama kalinya. Ia harus melewati empat tahapan sebelum akhirnya diberikan surat keterangan vaksin COVID-19.

Dari mulai meja pertama untuk registrasi ulang. Kemudian meja kedua untuk screening, meja ketiga penyuntikan vaksin lalu meja keempat pemberian surat keterangan vaksin.

Setelah disuntikan vaksin, para unsur Forkopimda di Kota Cimahi itu harus menunggu sekitar 30 menit untuk merasakan dampak dari penyuntikan tersebut.

Setelah tiga 30 menit menunggu, akhirnya para unsur Forkopimda itu bersedia memberikan keterangan soal vaksin, yang diwakili Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana.

"Perasaan was-was tadinya ada, tapi saya
Rasanya ngantuk setelah 30 menit," ujar Ngatiyana.

Setelah disuntikan vaksin ini, Ngatiyana memberikan pesan kepada masyarakat yang pada saatnya nanti akan diberikan vaksin COVID-19. Ia meminta masyarakat yakin bahwa vaksin produksi Sinovac ini aman.

Dirinya menegaskan, vaksin ini aman karena sudah melalui uji klinis dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kepada seluruh masyarakat apabila sudah mendapatkan giliran vaksin tidak perlu takut dan ragu. Ini sudah melalui uji lab yang panjang dan sudah berdasarkan pengetesan dari BPOM dan dinyatakan halal oleh MUI," jelas Ngatiyana.

Dikatakannya, vaksin ini merupakan upaya dari pemerintah untuk menghentikan penularan COVID-19 di Indonesia. Termasuk di Kota Cimahi.
"Ini untuk kebaikan, keselamatan kita," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg. Pratiwi menambahkan, ini merupakan pemberian dosis pertama dari vaksin COVID-19. Vaksin kedua rencananya akan disuntikan pada 28 Januari mendatang.

"Nanti yang simbolis menerima vaksin hari ini akan menerima penyuntikan kedua pada 28 Januari," terangnya.

Baca Lainnya