Kamis, 23 November 2017 16:01

Disperindag KBB Gelar Pelatihan Keterampilan Menjahit di Cihampelas

Para peserta sedang mempraktekan pembuatan pola pakaian jadi.
Para peserta sedang mempraktekan pembuatan pola pakaian jadi. [istimewa]

Limawaktu.id,- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (disperindag) Kabupaten Bandung Barat (kbb), melalui Bidang Industri Non Agro, kembali mengadakan pembinaan dan pelatihan bagi 30 orang kader-kader perempuan membangun dan TP PKK di Desa Pataruman, Kecamatan Cihampelas, KBB, Rabu-Kamis ( 22-23/11/2017).

Kegiatan pembinaan ini dilakukan dalam rangka Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga melalui pelatihan keterampilan menjahit. Hal ini dikarenakan menjahit merupakan keterampilan dasar yang cukup potensial dijadikan sumber penghasilan, apalagi ditengah meningkatnya kebutuhan hidup serta naiknya berbagai kebutuhan pokok, mendorong setiap keluarga mendayagunakan berbagai sumber daya yang ada.

Menurut Warga, S.Sos, salah seorang pembina Disperindag KBB, ibu-ibu rumah tangga memang menjadi sasaran utama program pemberdayaan ini agar dapat memberikan penghasilan tambahan untuk keluarga. Selain itu pula tujuan pelatihan ini dikarenakan muncul paradigma pembinaan terhadap anggota masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dipicu oleh arus besar modernisasi yang menghendaki terciptanya peluang kerja secara demokratisasi dalam dimensi kehidupan manusia, termasuk dibidang sosial dan ekonomi.

"Mau tak mau pola pembinaan harus dikelola secara desentralisasi dengan memberikan tempat seluas-luasnya bagi partisipasi masyarakat," tutur Warga, saat memberikan pengarahan pada acara praktek tersebut. (ist)

Baca Lainnya

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Sae

24 November 2017 22:13 Balas