Senin, 7 Juni 2021 16:32

Dispangtan Kota Cimahi Kembangkan Urban Farming

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Mengantisipasi terbatasnya lahan di Kota Cimahi dalam memebuhi kebutuhan pangan masyarakat, tak bisa dilakukan hanya mengandalkan produksi para pemilik lahan pertanian, namun perlu dilakukan teroboasan lain, yang berkaitan dengan teknologi.

Kepala Bidang Pertanian dan Perikanan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi Mita Mustikasari mengatakan , karena keterbatasan lahan, pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur atau lahan pekarangan untuk bercocok tanam.

Menurutnya, Dispangtan akan menggalakan Urban Farming, yaitu konsep pengolahan lahan dari pertanian konvensional ke pertanian perkotaan dengan prinsip memanfaatkan lahan sempit dengan berbagai bentuk seperti kebun komunitas, halaman rumah, berkebun di atap atau balkon rumah, maupun lahan kosong untuk membantu ketahanan pangan.

“Sekarang ini terkait masalah lahan pertanian atau berkebun untuk kehidupan petani bisa memanfaatkan konsep pertanian "urban farming",” katanya.

Dia menjelaskan, dengan Urban farming aka nada sentuhan teknologi sehingga pertanian tak hanya dilakukan dihalaman yang luas saja tetapi bisa dilakukan dalam polibek atau pertanian bertingkat.

Menurut dia, ke depan Pemkot Cimahi akan coba mendorong warga menerapkan "urban farming" untuk memaksimalkan lahan pertanian yang ada, sehingga baik lahan lahan di pemukiman, atau lahan pemkot bisa diberdayakan, selain itu kesediaan lahan juga bisa diselesaikan dengan cara kerja sama dengan wilayah terdekat.

Saat ini, kebutuhan beras saja di Kota Cimahi sebanyak 170 ribu ton dalam setahun, jika hanya mengandalkan hasil produksi petani Cimahi hanya mampu mensuplai 4 persen saja dari kebutuhan yang ada, untuk memenuhi kebutuhan yang ada maka penyediaannya dilakukan melalui suplai dari daerah sekitar Cimahi.

“Cimahi adalah kota jasa, jadi untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat bisa ditutup dari suplai daerah sekitar, selama ini kebutuhan beras Kota Cimahi selalu bisa dipenuhi,” pungkasnya.

 

Baca Lainnya