Minggu, 10 Juni 2018 14:53

Disnakertrans Kota Cimahi Klaim, THR Buruh di Cimahi Tuntas Semua

Reporter : Fery Bangkit 
Buruh.
Buruh. [Net]

Limawaktu.id,- Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota cimahi mengklaim, seluruh pabrik di Kota Cimahi sudah membayar Tunjangan Hari Raya (thr) bagi karyawannya.

Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnakertrans Kota Cimahi, Asep Herman mengatakan, sejauh ini belum ada buruh di Cimahi yang melakukan pengaduan soal THR ke Posko Pengaduan THR di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah.

Baca Juga : Asik, Wakil Rakyat Cimahi juga Bakal Terima THR nih

"Alhamdulillah belum ada laporan soal penundaan THR," kata Asep saat dihubungi via sambungan telepon, Minggu (10/6/2018).

Di Kota Cimahi, jumlah perusahaan mencapai 593 unit. Perusahaan tersebut terdiri dari berbagai klasifikasi, yakni besar, sedang, mikro dan kecil. Sedangkan jumlah pekerjanya mencapai 82.296 orang.

Baca Juga : PNS Nyaman, Honorer/THL Resah

Diakui Asep, akhir pekan kemarin, sempat ada masalah soal THR di PT Matahari Sentosa Jaya. Dimana sekitar 2.800 karyawannya meminta pembayaran sisa upah dan THR serta upah pekerja kontrak segera dibayarkan.

Setelah dilakukan mediasi antara pihak perusahaan, pihak pekerja, Disnakertrans Kota Cimahi serta Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Barat, akhirnya permasalahan tersebut bisa diselesaikan.

Baca Juga : Sekda: Lebaran, THL dan Honorer dapat Uang 'Kadeudeuh'

"Sudah dibayarkan Jum'at (8/6), jadi sudah clear semua," terang Asep.

Hal senada juga diungkapkan Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Barat, Ristiana Ekawati. Ditegaskannya, semua perusahaan di wilayah Bandung Raya, termasuk di Kota Cimahi sudah membayarkan THR.

"Wilayah Bandung Raya aman. Udah pada dibayar. Lancar," ucapnya.

Sebelumnya, Kementrian Ketenagakerjaan RI sendiri menegaskan bahwa pembayaran THR paling lambat harus lunas H-7 lebaran. Bila tidak dibayarkan, maka ada tiga sanksi yang disiapkan. Di antaranya denda sebesar 5%, teguran tertulis hingga pembatasan kegiatan usaha.

Baca Lainnya