Selasa, 15 Maret 2022 16:46

Disnaker Latih Siswa SMK Cara Mendapatkan Peluang Kerja

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) memberikan pemahaman  cara mencari peluang kerja bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kota Cimahi. Para siswa SMK yang akan meninggalkan bangku sekolah diberikan pelatihan bagaimana caranya menembus pasar kerja baik di dunia industi maupun sektor lainnya.

“Siswa dari SMK 1, 2 dan 3 Kota Cimahi hari ini diberikan wawasan bagaimana caranya menangkap peluang kerja, sehingga mereka bisa terserap di pasar kerja,” terang Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi Yanuar Tarufik, disela kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja, di Cimahi Techmopark, Selasa (15/3/2022).

Menurut dia selain memberikan wawasan cara menangkap peluang kerja, dilakukan juga launching  aplikasi Sidakep (Sistem Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi) Mobile.

Lewat aplikasi Sidakep Mobile ini pencari kerja bisa mendapatkan informasi lowongan kerja baik di Kota Cimahi maupun di luar daerah, informasi kompetensi tenaga kerja,  serta informasi pelatihan-pelatihan ketenagakerjaan.

“Sidakep Mobile  yang merupakan bentuk pelayanan dari Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi untuk masyarakat terutama yang usianya masih produktif untuk mencari pekerjaan atau yang diberhentikan oleh perusahaannya,” tutur Yanuar.

Dikatakannya, dalam memberikan pelatihan kepada masyarakat, pihaknya memberikan materi yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada di pasar kerja.

“Kita selalu memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan yang ada,” bebernya.

Sementara, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kota Cimahi, Disnaker sudah melakukan pelatihan-pelatihan bagi warga Kota Cimahi sehingga mereka memiliki keterampilan yang dibutuhkan sesuai dengan pasar kerja yang ada.

“Dari pelatihan yang dilakukan, peserta ada yang sudah terserap di dunia kerja ataupun industri. Mudah-mudahan ini akan mengurangi jumlah pengangguran di Kota Cimahi,” katanya.

Baca Lainnya