Selasa, 9 November 2021 17:31

Disnaker Kota Cimahi Transformasikan Aplikasi Silima ke Sidakep

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Aplikasi Sidakep kini resmi diluncurkan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Cimahi bersama Plt Walikota Cimahi Letkol Inf. (Purn.) Ngatiyana. Sidakep merupakan kependekan dari Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan.

Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnaker Kota Cimahi Teja Dahliawati mengungkapkan, Sidakep merupakan aplikasi yang memberikan informasi tentang data ketenagakerjaan, lowongan pekerjaan serta pelatihan-pelatihan yang sifatnya terintegrasi dalam satu sistem.

Sebelumnya, Disnaker Kota Cimahi membuat inovasi cara melamar pekerjaan dengan sistem digital, yang dinamakan Sistem Link and Match (Silima) yang bisa ditelusuri lewat silima.cimahikota.go.id. Sistem tersebut dinilai lebih efektif dan hemat biaya bagi para pelamar pekerjaan.

“ Sidakep ini merupakan sebuah sitem untuk melengkapi fitur sebelumnya yang ada di Silima. Jadi Silima tidak akan hilang, rencananya Sidakep ini akan diimplementasikan pada tahun 2022, ” ungkapnya, saat Sosialisasi Transformasi Silima ke Sidakep di Gedung Cimahi Technopark, Jalan Baros, Selasa (9/11/2021).

Sebelumnya, Kepala Disnaker Kota Cimahi Yanuar Taufik menyebutkan, keberadaan Sidakep akan bermanfaat untuk mengurangi pengangguran di Kota Cimahi. Selain itu, bisa juga untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal Kota Cimahi.

"Untuk menyiapkan SDM ada juga pelatihan. Tidak hanya di Cimahi, bahkan nasional bahkan luar negeri kalau berniat mau meningkatkan kompetensi," ujarnya.

Untuk saat ini, kata Yanuar, aplikasi Sidakep masih dalam tahapan penyempurnaan. "Saat ini masih dalam proses penyempurnaan. Kemungkinan dalam waktu dekat baru bisa beroperasi," ucapnya.

Plt Wali Kota Cimahi   Ngatiyana mengatakan, aplikasi Sidakep ini akan memberikan informasi kepada masyarakat tentang peluang ketenagakerjaan. Tujuan diluncurkannya Sidakep tiada lain untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi ketenagakerjaan dan pelatihan.

“Melalui Sidakep masyarakat bisa melihat apa saja informasi ketenagakerjaan  maupun pelatihan,” pungkasnya.

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer