Selasa, 16 November 2021 16:40

Disnaker Kota Cimahi Sosialisasikan Sidakep Kepada Warga Citeureup

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi menjadi kelurahan ketiga belas yang mendapatkan sosialisai Transformasi Aplikasi Silima ke  Sidakep yang  resmi diluncurkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Cimahi, dan dilaunching secara resmi Plt Walikota Cimahi Ngatiyana.

“Kelurahan Citeurueup merupakan ke-13 dari 15 kelurahan di Kota Cimahi yang mendapatkan sosialisasi Aplikasi Sidakep Tri , yaitu Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi, tahun depan kami rebxabakan sosialisasi dilakukan untuk seluruh kelurahan,” jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi Yanuar Taufik, usai pelaksanaan sosialisasi, di Gedung Cimahi Technopark, Selasa (16/11/2021).

Menurut Yanuar, Aplikasi Sidakep ini merupakan penyempurnaan dari Sistem Link and Match (Silima) yang saat ini mengalami trasformasi. Sidakep terontegrasi dengan Jabar Juara Disnaker Provinsi Jawa Barat dan Kemnterian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

“Sidakep merupakan aplikasi yang memberikan informasi tentang data ketenagakerjaan, lowongan pekerjaan serta pelatihan-pelatihan yang sifatnya terintegrasi dalam satu system,” jelasnya.

Sebelumnya, Disnaker Kota Cimahi membuat inovasi cara melamar pekerjaan dengan sistem digital, yang dinamakan Sistem Link and Match (Silima) yang bisa ditelusuri melalui silima.cimahikota.go.id. Sistem tersebut dinilai lebih efektif dan hemat biaya bagi para pelamar pekerjaan.

Keberadaan Sidakep akan bermanfaat untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Cimahi. Selain itu, bisa juga untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal Kota Cimahi.

“ Tidak hanya di Cimahi, bahkan nasional bahkan luar negeri kalau berniat mau meningkatkan kompetensi,” katanya

Plt Wali Kota Cimahi berharap agar Sidekep bisa menjadi penyemangat para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dan berpenghasilan.

“Sidakep kami harapkan bisa menjadi informasi yang dapat diakses masyarakat dalam mengurangi jumlah pengangguran di Kota Cimahi,” katanya.

Sebab, kata Ngatiyana,  Aplikasi Sidakep akan membantu masyarakat Kota Cimahi tentang peluang lowongan kerja, aplikasi ini akan memberikan informasi kepada masyarakat tentang peluang ketenagakerjaan.

“Disana akan terdapat informasi  tentang lowongan kerja serta peluang-peluang lainnya tentang ketenagakerjaan di Kota Cimahi,” sebutnya.

Baca Lainnya

Topik Populer